Senin 01 Jan 2018 23:01 WIB

Gus Ipul Berkomitmen Perkuat Ekonomi Rakyat

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Ani Nursalikah
Saifullah Yusuf
Foto: Republika/Yasin Habibi
Saifullah Yusuf

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf berkomitmen memperkuat ekonomi rakyat guna mewujudkan kesejahteraan. Caranya dengan memberi porsi lebih besar kepada pelaku IKM, terutama yang berada di daerah.

"Ekonomi rakyat harus diperkuat. Karena pada sektor itulah salah satu pondasi mewujudkan kesejahteraan masyarakat," kata pria yang akrab disapa Gus Ipul dalam siaran persnya, Senin (1/1).
 
Gus Ipul meyakini, dengan memperkuat ekonomi rakyat akan memberikan ruang lebih bagi IKM di daerah untuk terus berkembang dan mampu bertahan dari persaingan globalisasi. Dengan memperkuat ekonomi rakyat, secara tidak langsung juga akan membantu pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.
 
Gus Ipul mencontohkan, Kabupaten Banyuwangi yang menerapkan ekonomi rakyat dengan baik. Dimana, Pemkab Banyuwangi melarang pendirian supermaket atau swalayan swalayan baru agar toko-toko masyarakat bisa menjual dagangannya.
 
Terbukti, saat ini Banyuwangi tumbuh menjadi kabupaten dengan peningkatan pertumbuhan ekonomi secara signifikan. "Banyuwangi telah menerapkan peraturan tidak boleh ada pendirian supermaket baru agar pelaku IKM bisa berdaya saing dan berjualan. Jika itu bisa di kembangkan akan menjadi kekuatan ekonomi bagi daerah," ujar Gus Ipul.
 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement