Ahad 31 Dec 2017 16:08 WIB

Jelang Ditutup, Arus Menuju Puncak Padat

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Indira Rezkisari
Antrean kendaraan saat penerapan satu arah (One way) di ruas Jalan Raya Puncak , Bogor, Jawa Barat, Sabtu (23/12).
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Antrean kendaraan saat penerapan satu arah (One way) di ruas Jalan Raya Puncak , Bogor, Jawa Barat, Sabtu (23/12).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Dua jam menjelang penutupan jalur Puncak, Bogor, kendaraan mulai tampak padat, terutama di kawasan Pasar Cisarua. Dari pemantauan di Traffic Management Center Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bogor, jalur menuju Puncak terpantau ramai padat. Sedangkan, jalur sebaliknya, masih terbilang lancar.

Kasatlantas Polres Bogor, AKP Hasby Ristama, menjelaskan Pasar Cisarua memang menjadi titik yang sudah diprediksi padat. Sebab, banyak kegiatan masyarakat yang terpusat di sana. "Terutama, kegiatan jual beli, termasuk beli peralatan tahun baru," ucapnya ketika dikonfirmasi Republika.co.id, Ahad (31/12).

Kondisi serupa juga ditemui di kawasan Taman Safari, Megamendung dan Puncak KM 81. Kendaraan roda dua maupun empat sudah memenuhi jalanan, baik yang mengarah ke Puncak dan Cianjur ataupun ke Jakarta.

Kondisi kontras tampak di kawasan Restoran Rindu Alam yang semula diprediksi padat. Sampai pukul 15.30 WIB, arus di sekitarnya masih lancar. Beberapa kendaraan yang parkir di pinggir jalan untuk membeli suvenir dan makanan pun tidak mengganggu arus.

Suasana lengang juga terjadi di Gerbang Tol (GT) Ciawi. Dari pukul 05.00 WIB sampai 14.00 WIB, tercatat 14.512 kendaraan melintas di sana dengan 9.160 di antaranya mengarah keluar.

Selama rentang waktu sembilan jam itu, Hasby mengatakan, kepadatan tertinggi terjadi pada pukul 08.00 hingga 11.00 WIB dengan total 5.081 kendaraan yang keluar maupun masuk GT Ciawi. "Sebanyak 3.289 keluar, sisanya masuk," ujarnya.

Sebagai antisipasi kepadatan lalu lintas di jalur Puncak, Satlantas Polres Bogor akan menutup jalur untuk mobil dari Simpang Sirait hingga Puncak Pass. Penutupan diberlakukan dari Ahad (31/12) pukul 18.00 WIB hingga Senin (1/1) pukul 06.00 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement