Ahad 31 Dec 2017 00:01 WIB

Jasa Raharja Siapkan Posko Kesehatan Sopir dan Penumpang Bus

Rep: Issha Harruma/ Red: Endro Yuwanto
Bus AKAP menunggu penumpang di terminal. ilustrasi
Foto: Republika/ Wihdan Hidayat
Bus AKAP menunggu penumpang di terminal. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- PT Jasa Raharja (Persero) Medan menyiapkan posko kesehatan untuk memeriksa kesehatan para sopir yang akan berkendara saat libur Tahun Baru 2018. Posko ini disediakan di sejumlah terminal dan pool bus di Kota Medan dan sekitarnya.

Kepala Perwakilan PT Jasa Raharja Medan M Hidayat mengatakan, posko ini didirikan sejak Sabtu (23/12) hingga malam pergantian tahun, Ahad (31/12) besok. Posko kesehatan tersebut bertujuan untuk menjamin para penumpang dan sopir angkutan bisa melakukan perjalanan dengan aman.

"Program ini kami laksanakan secara rutin dalam menghadapi Natal dan Tahun Baru," kata Hidayat, Sabtu (30/12).

Hidayat menjelaskan, di posko tersebut, sopir bus angkutan lintas provinsi yang akan berangkat mengangkut penumpang diperiksa kesehatannya. Pemeriksaan yang dilakukan mulai dari pengecekan gula darah, tekanan darah, hingga mengonsumsi alkhohol atau tidak.

Tak hanya itu, kata Hidayat, tes urine juga dilakukan untuk mengetahui apakah sopir menggunakan narkotika atau obat-obatan terlarang. "Karena keselamatan adalah di atas segalanya," ujar dia.

Selain para sopir, Hidayat mengatakan, posko ini juga menyiapkan pemeriksaan kesehatan untuk para penumpang yang sakit saat melakukan perjalanan. Layanan ini diberikan secara cuma-cuma alias gratis. "Posko ini menjangkau pemudik, sopir dan kondektur," kata dia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement