Jumat 29 Dec 2017 12:01 WIB

Rampcheck Bandara Dicek Antisipasi Liburan Akhir Tahun

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Indira Rezkisari
Warga melintas di terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, Selasa (26/12).
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Warga melintas di terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, Selasa (26/12).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan persiapan menjelang libur akhir tahun, salah satunya untuk angkutan udara. Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso melakukan rampcheck/di Bandara Soekarno-Hatta hari ini (29/12) untuk menghadapi arus mudik Tahun Baru 2018 dengan moda angkutan udara.

Agus menjelaskan rampcheck yang dilakukan kali ini merupakan yang kedua kalinya setelah sebelumnya dilakukan pada Sabtu (23/12). "Ini dilakukan untuk meninjau kesiapan para penyelenggara penerbangan," kata Agus, Jumat (29/12).

Dia mengatakan kesiapan harus dipastikan baik dari pengelola bandara, maskapai penerbangan, penyelenggara navigasi penerbangan, dan jajaran otoritas bandara. Khusunya untuk melayani penumpang selama masa libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

Menurut Agus, peninjauan tersebut dilakukan kembali karena masa libur untuk Natal dan Tahun Baru berlangsung cukup lama. "Karena masa liburannya sangat panjang yaitu 22 hari dari 18 Desember 2017 hingga 8 Januari 2018," jelas Agus.

Dia meminta pengawasan terus dilakukan agar operasional penerbangan dan pelayanan kepada penumpang bisa maksimal. Terlebih, Agus menilai kondisi cuaca juga sangat mempengaruhi jadwal penerbangan.

Agus melakukan pengecekan mulai dari posko pusat hingga terminal 1B dan 1C Bandara Soekarno-Hatta. "Kami melakukan pengecekan di terminal ini karena penumpang hari ini paling banyak di sini," ujar Agus.

Dengan adanya peningkatan penumpang di terminal bandara tersebut, Agus meminta petugas bisa memaksimalkan layanan saat check-in penumpang. Dengan begitu, menurut Agus bisa mengurangi kepadatan antrean.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement