Selasa 26 Dec 2017 17:33 WIB

Warga Dadap: Anggota TNI Karya Bakti Tapi Bawa Senjata

Rep: Singgih Wiryono/ Red: Andri Saubani
[ilustrasi] Ratusan nelayan dari Dadap yang tinggal di pesisir pantai menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, Senin (9/5).
Foto: Antara/Lucky R.
[ilustrasi] Ratusan nelayan dari Dadap yang tinggal di pesisir pantai menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, Senin (9/5).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Ketua Forum Masyarakat Nelayan dari Kampung Baru Dadap, Waisul Kurnia mengatakan, TNI AD dari Kodim 0506 Tangerang membawa persenjataan dalam mengawal proyek rumah susun (rusun) yang dibangun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang. Padahal, kata dia, Karya Bakti TNI semestinya tidak menakut-nakuti warga dengan cara membawa persenjataan saat mengawal pembangunan di Kampung Baru Dadap, Kabupaten Tangerang.

"Sekarang mereka berlindung di balik karya bakti TNI. Seharusnya mereka merangkul rakyat untuk sama-sama bekerja melakukan pembangunan di wilayah kami, tapi ini nggak, kami tidak bisa ke tempat proyek, karena mereka berjaga-jaga," ujar dia pada Republika, Selasa (26/12).

Pria yang akrab disapa Isul tersebut menjelaskan, proyek pembangunan rusun yang dinilai memiliki kaitan dengan pembangunan jembatan penghubung untuk pulau reklamasi C tersebut dijaga aparat bersenjata TNI AD. Saat ini, kata dia, dalih karya bakti TNI untuk mengawal proyek tersebut dilakukan agar warga tak lagi melakukan protes.

Isul menjelaskan kondisi kampung saat ini memang kondusif. Akan tetapi, kata dia, aparat TNI AD yang berjaga di proyek tersebut membuat warga merasa takut karena dipersenjatai lengkap.

"Tapi ya seperti mereka itu mengamankan proyeknya dengan berjaga-jaga dengan menggunakan persenjataan yang lengkap," ujar dia mengakhiri.

Sebelumnya, Warga Kampung Baru, Dadap Kabupaten Tangerang didampingi LBH Jakarta dan KIARA mengadu ke Komnas HAM atas tindakan puluhan aparat TNI AD Kodim 0506 Tangerang. Aparat TNI AD Kodim dengan bersenjata lengkap memasuki pemukiman nelayan Kampung Baru Dadap.

Kuasa Hukum Warga dari LBH Jakarta, Nelson Simamora mengatakan, sejak tanggal 15 Desember 2017 hingga hari ini aparat TNI AD dari kodim 0506 Tangerang berada dipemukiman nelayan kampung baru dadap. Nelson mengatakan, dalih yang digunakan TNI AD adalah karya bakti TNI puluhan aparat TNI- AD Kodim 0506 Tangerang menjaga proyek pembangunan rumah susun yang dibangun Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang.

"Warga juga menduga aparat TNI-AD Kodim 0506 Tangerang juga menjaga rencana pembangunan jembatan reklamasi yang menghubungkan pulau C dan kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK 2). TNI-AD Kodim 0506 Tangerang telah mengawal alat-alat berat masuk untuk mendirikan tiang pancang," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement