Selasa 26 Dec 2017 12:52 WIB

Arus Balik Natal dan Tahun Baru akan Jadi Dua Gelombang

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Nur Aini
Petugas kepolisian mengatur arus lalu lintas di
Foto: Oky Lukmansyah/Antara
Petugas kepolisian mengatur arus lalu lintas di "exit" tol Brebes Timur, Jawa Tengah, Kamis (21/12). Untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan arus mudik Natal dan Tahun Baru 2018, pengelola jalan tol Pejagan-Pemalang menyiapkan tujuh gerbang "exit" tol (gerbang kendaraan keluar tol) dan dua "entrance" (gerbang kendaraan masuk tol), serta 30.000 keping kartu perdana e-toll.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polri memprediksi arus balik dala libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2017 akan terjadi dalam dua gelombang. Dua gelombang itu adalah pada Selasa (26/12) malam untuk arus balik Natal dan Senin (1/1) malam untuk arus balik Tahun Baru.

"Diprediksi nanti malam (Selasa hingga Rabu dini hari) akan ada mulai arus balik tapi tidak begitu banyak, volumenya tidak begitu besar," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigadir Jenderal Mohammad Iqbal di Markas Besar Polri, Jakarta, Selasa (26/12).

Polri memprediksi, pemudik yang pulang pada Selasa malam ini merupakan masyarakat yang akan merayakan tahun baru di Jakarta. Prediksi puncak arus balik yang lebih tinggi, menurut Iqbal justru akan terjadi pada 1 Januari 2018 malam mendatang. Polri beserta sejumlah instansi lain pun siap menyiagakan personel dengan strategi pengalihan arus disejumlah titik kemacetan. Hal ini akan berlanjut hingga 7 Januari.

"Nanti Lonjakan situasi normal ada pada tanggal 7 karena pelajar akan masuk tanggal 7 Januari," kata Iqbal.

Titik kemacetan pun masih diprediksi akan terjadi seperti di Nagreg, Cikopo, di Pintu Tol menuju Pantura, Jalur Pantai Selatan. Namun hingga saat ini arus lalu lintas masih normal. "Hari ini belum terlihat pelonjakan angka kendaraan," kata Iqbal menambahkan.

Sedangkan di Jakarta, hari ini lalu lintas masih cenderung lengang. Hal ini menurut Iqbal merupakan dampak dari ribuan kendaraan bermotor yang masih berada di kampung halaman, mengingat 26 Desember 2017 ini pun dinyatakan sebagai hari cuti bersama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement