Kamis 21 Dec 2017 23:00 WIB

Libur Akhir Tahun, Kemendag Jamin Pasokan Sembako Aman

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Muhammad Hafil
Sejumlah penumpang tiba usai melakukan liburan Natal maupun Tahun Baru di Bandara Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumut
Foto: Antara/Septianda Perdana
Sejumlah penumpang tiba usai melakukan liburan Natal maupun Tahun Baru di Bandara Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumut

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Dalam Negeri menjaminpasokan kebutuhan bahan pokok akan aman selama libur Natal dan Tahun Baru. Sekretaris Direktorat JenderalPerdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Indrasari Wisnu Wardhana punmengatakan, Kemendag telah mengantisipasi pasokan dan harga bahan kebutuhan pokokdi berbagai daerah.

Kami telah memastikan bahan kebutuhan keperluan pokokyang diperlukan akan tersedia. Dalam jumlah berapa pun kami sudah antisipasi,kata Wisnu dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9 terkait Hari Raya Natal danTahun Baru di gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Kamis(21/12).

Karenaitu, ia berharap masyarakat tak perlu khawatir dan tenang terhadap pasokan danharga barang kebutuhan pokok. Wisnu pun menjamin tak ada pedagang yang akanmenimbun bahan kebutuhan pokok sehingga menyebabkan kenaikan harga.

Kami yakin, sudah tidak ada yang menimbun. Karenakerjasama dengan satgas pangan, itu membuat mereka sangat jera. Sehingga sayayakin Natal dan Tahun Baru bisa berlangsung dengan baik, jelas dia.

Wisnu pun menjamin, ketersediaan bahan pokok menjelangNatal dan Tahun Baru masih aman hingga dua-tiga bulan ke depan.

Untuk ketersediaan pasokan, itu tersedia sampai 2-3 bulan kedepan. Jadi kami pastikan kesediaan bahan pokok menjelang Natal dan Tahan Barucukup banyak, kata dia.

Lebih lanjut, ia menyampaikan, berdasarkanpantauan Kemendag baik di pasar rakyat maupun di pasar modern di berbagai daerah,harga komoditas bahan kebutuhan pokok saat ini masih stabil. Kendati demikian,harga telor ayam nasional dan cabai rawit merah serta cabai rawit keritingmengalami kenaikan akibat cuaca dan juga musim hujan terjadi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement