Kamis 21 Dec 2017 19:03 WIB

Hari Ibu, Klinik Siti Aisyah Periksa IVA-ANC Gratis

Universitas Muhammadiyah Surabaya
Foto: istimewa/doc suara muhammadiyah
Universitas Muhammadiyah Surabaya

REPUBLIKA.CO.ID,  SURABAYA  -- Klinik Utama Rawat Inap dan Bersalin (Kurib) Siti Aisyah Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, Jawa Timur, menggelar pemeriksaan gatis untuk layanan penyakit Inveksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) dan Antenatal Care (ANC) kepada ibu hamil di kawasan Tambaksari Surabaya, Kamis (21/12).

Kepala Bidang Medis Kurib Siti Aisyah, Enik Sri Hartati, mengatakan kegiatan pemeriksaan IVA bagi warga setempat ini dalam rangka memperingati Hari Ibu dan untuk mendeteksi kanker serviks sejak dini pada perempuan.

"Kecamatan Tambaksari penduduknya banyak, angka kematian ibu (AKI) juga tinggi. Dibanding daerah lain, Tambaksari tergolong tinggi," kata dia.  

Dia menyebut, faktor tingginya AKI di kawasan tersebut disebabkan pemeriksaan ANC yang tidak bagus. Oleh sebab itu pemeriksaan ANC harus dilakukan secara rutin dan dilakukan selama empat kali sehingga saat melahirkan sudah siap.

"Hal itu mengantisipasi apabila ada risiko kelainan bisa dideteksi lebih dini. Kalau berisiko saat melahirakan akan diarahkan ke penanganan yang lebih spesialis," ujar wanita yang juga dosen di Fakultas Kedokteran UM Surabaya itu.

Enik menambahkan, acara bakti sosial itu sengaja dilibatkan semua komponen. Pasalnya Kurib Siti Aisyah berada bawah pengelolaan UM Surabaya.

"Komponen di UM Surabaya sangat mendukung. Selain meningkatkan manfaat untuk umum juga meningkatkan manfaat untuk internal. Sehingga bidan, dokter skillnya meningkat," ujarnya.

Semantara itu, Kepala Bidang Umum Kurib Siti Aisyah Supatmi menuturkan, bakti sosial tersebut juga merupakan salah satu komponen Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian masyarakat.

"Bakti sosial adala pengabdian kami yang tidak hanya sekedar teori di kelas, tapi mengaplikasikannya. Dari sisi keterampilan tak hanya bisa mengajar tapi bisa dilakukan di masyarakat tapi juga dinikmati," ujar dosen Ilmu Kesehatan itu.

Selain pemeriksaan IVA dan ANC bagi ibu hamil juga dilakukan khitanan massal gratis bagi anak-anak dalam rangka menyambut Milad ke-51.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement