Selasa 19 Dec 2017 19:50 WIB

Populasi Nyamuk Wolbachia di Yogyakarta Capai 80 Persen

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Yudha Manggala P Putra
Petugas menunjukan telur nyamuk Aedes aegypti ber-Wolbachia yang akan ditempatkan pada halaman rumah warga di Yogyakarta, Rabu (31/8).
Foto: Antara/Andreas Fitri Atmoko
Petugas menunjukan telur nyamuk Aedes aegypti ber-Wolbachia yang akan ditempatkan pada halaman rumah warga di Yogyakarta, Rabu (31/8).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Bulan ini Eliminate Dengue Project (EDP) Yogyakarta menarik 8 ribu ember berisi telur nyamuk Aedes aegypti yang mengandung wolbachia dari beberapa wilayah di Kota Yogyakarta yang sudah dititipkan sejak Maret lalu. Seluruh ember itu disebar di hampir separuh wilayah Kota Yogya.

Peneliti Utama EDP Yogyakarta, Adi Utarini mengatakan,di akhir tahun ini, semua ember sengaja ditarik karena nyamuk tersebut dinilai sudah dapat berkembang biak secara alami di wilayah penitipan. "Penarikan ini dilakukan karena persentase populasi nyamuk ber-wolbachia sudah mencapai 80 persen," ujarnya, Selasa (19/12).

Adi Utarini menambahkan, meski sudah dilakukan penarikan, namun perkembangbiakan populasi nyamuk wolbachia di lokasi yang sudah disebar akan terus dipantau. Termasuk memantau jumlah kasus demam berdarah apabila ada warga yang terjangkit.

"Selanjutnya kita tunggu pengaruhnya, apakah nyamuk ini mampu menekan angka penderita demam berdarah. Hasil akhirnya bisa kita lihat nanti tahun 2019," kata dia.

 

Sejak November tahun ini, sambungnya, EDP Yogyakarta mulai melakukan studi applying wolbachia to eliminate dengue (AWED). Hal itu bertujuan untuk untuk mengetahui dampak penyebaran naymuk Aedes aegypti ber-wolbachia terhadap penurunan kejadian demam berdarah di Yogyakarta.

Uji coba AWED pertama kali dilakukan di Puskesmas Umbulharjo I pada November lalu. Ia menyebutkan, di beberapa wilayah Kota Yogyakarta telah menunjukkan populasi nyamuk Aedes aegypti ber-wolbachia berkembang dengan baik. Seperti di Tegalrejo, Kricak, Terban, Klitren, nyamuk juga berkembang dengan baik di wilayah tengah seperti di Baciro dan Muja-muju.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Agus Sudrajat menuturkan, Penyebaran penyakit Demam Berdarah menunjukkan trend positif terlebih pada 2016. Namun hal tersebut bisa ditekan dengan memutus siklus penularan nyamuk Aedes aegypti.

Nyamuk Aedes aegypti ber-wolbachia mampu menekan angka kejadian DBD di Kota Yogyakarta, ucapnya.Ia pun menyebutkan, tahun ini angka kejadian DBD di Kota Yogyakarta mengalami penurunan yang luar biasa. Hal ini tentu pengaruh nyamuk ber-wolbachia yang telah tersebar di sejumlah wilayah penitipan di Kota Yogyakarta.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement