Jumat 15 Dec 2017 09:26 WIB

BMKG Perkirakan La Nina Menguat Akhir 2017

Rep: RR Laeny Sulistyawati/ Red: Yudha Manggala P Putra
Seorang petuga BMKG melakukan pemantauan (ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
Seorang petuga BMKG melakukan pemantauan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan fenomena La Nina semakin menguat di akhir tahun 2017. Namun itu tidak signifikan dalam penambahan curah hujan.

"Secara klimatologis La Nina di musim hujan yaitu penambahan curah hujan dari normalnya kurang signifikan," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) BMKG Indonesia Hary Djatmiko saat dihubungi Republika, Jumat (15/12).

Ia menyebutkan, prediksi BMKG, curah hujan pada Desember 2017 berada pada kisaran menengah sampai tinggi (200 - 500mm/bulan) berpeluang di Sulawesi Selatan bagian selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Papua bagian selatan.

Kemudian sifat hujan didominasi normal, terutama di Sumatra bagian utara, sebagian besar Kalimantan, Jawa bagian barat dan timur, Bali, NTB, Sulawesi bagian utara dan sebagian besar Papua.

Sementara prediksi curah hujan dasarian II Desember 2017 yaitu curah hujan di sebagian besar wilayah Indonesia berada pada kisaran menengah hingga tinggi (50 300mm/Das), curah hujan tinggi berpeluang di Jawa bagian barat dan tengah, dan sekitar Pegunungan Jayawijaya bagian timur.

"Sedangkan curah hujan rendah di sekitar Kalimantan Timur (Kaltim) bagian selatan dan barat dan selatan Gorontalo," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement