Selasa 12 Dec 2017 15:49 WIB

Hujan Deras, Dapur Rumah Warga Longsor

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Karta Raharja Ucu
 Ilustrasi tanah longsor.
Foto: Antara/Adeng Bustomi
Ilustrasi tanah longsor.

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS -- Hujan deras yang terjadi sepanjang Senin (11/12) siang hingga malam, menyebabkan bencana longsor. Longsor antara lain terjadi di Kelurahan Pabuwaran, Kecamatan Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas. Longsor tersebut, menyebabkan dapur rumah seorang janda, Yuli Tri Wahyuni (51 tahun) yang berada tepi Sungai Pelus ambrol.

"Rumah Ibu Yuli kebetulan memang berada di pinggir Sungai Pelus longsor. Tidak ada korban jiwa atau luka dalam kejadian itu. Namun rumah korban di bagian dapur ambrol terbawa longsoran," jelas Komandan Tim Reaksi Cepat BPBD Banyumas, Kusworo, Selasa (12/12).
 
Menurutnya, kejadian longsor yang berlangsung Senin (11/12) menjelang tengah malam tersebut, dipicu meluapnya aliran sungai Pelus yang memang sedang mengalami banjir. Aliran sungai yang deras menyebabkan tebing di pinggir sungai berguguran.
 
"Rumah ibu Yuli, kebetulan berada di atas salah satu tebing sungai yang longsor, sehingga rumah bagian belakang yang digunakan sebagai dapur, ikut ambrol," katanya.
 
Menyusul kejadian itu, Kusworo meminta agar rumah Yuli untuk sementara dikosongkan. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, mengingat rumah tersebut berada di tebing sungai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement