Sabtu 09 Dec 2017 15:13 WIB

Gempa 4,6 SR Guncang Maumere

Gempa. Ilustrasi
Foto: Reuters
Gempa. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa bumi tektonik berkekuatan 4,6 Skala Richter (SR), terjadi Sabtu (9/12). Gempa terjadi pukul 12.57.22 WITA menguncang wilayah Maumere, Flores, Nusa Tenggara Timur.

"Pusat gempa bumi berada di Laut 88 km arah barat daya Kota Maumere, dengan koordinat 9,39 lintang selatan (LS) dan 122,03 bujur timur (BT) dan kedalaman 18 km," kata Kepala BMKG Kupang Hasanudin.

Dampak gempa bumi ini menimbulkan guncangan pada I Skala Intensitas Gempa bumi BMKG (SIG-BMKG) atau I-II skala intensitas Modified Mercally Intensity (MMI) di wilayah Kecamatan Waigete dan sekitarnya. Menurut dia, jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Terkait dengan peristiwa gempa bumi Maumere yang baru saja terjadi, hingga laporan ini dibjuat pada pukul 14.45 WITA, belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan BMKG. "Gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami," katanya menambahkan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement