Sabtu 09 Dec 2017 13:15 WIB

Pergantian Panglima Jadi Cerminan Perubahan Berkelanjutan

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Andi Nur Aminah
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kiri) saat bersiap menandatangani berita acara saat upacara pelantikan Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, Jumat (8/12)
Foto: Puspa Perwitasari
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kiri) saat bersiap menandatangani berita acara saat upacara pelantikan Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, Jumat (8/12)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jenderal TNI Gatot Nurmantyo resmi menyerahkan jabatannya pada Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Dalam amanatnya, Gatot menyebutkan, pergantian Panglima TNI menjadi cerminan dari suatu perubahan yang berkelanjutan.

"Rasa syukur dan bangga juga saya sampaikan dengan telah dilantiknya Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI yang baru. Dan selanjutnya, pagi hari ini secara resmi saya serahkan tongkat pimpinan TNI yang didalamnya melakukan tugas dan tanggung jawab. Selamat menjalankan amanah yang tidak ringan namun mulia ini," kata Gatot saat pemberian amanat pada upacara serah terima jabatan Panglima TNI di Lapangan Apel B III Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (9/12).

Ia menuturkan, pergantian jabatan Panglima TNI bukan hanya wujud regenerasi yang sehat di tubuh TNI, tetapi juga menjadi cerminan dari sebuah perubahan yang berkelanjutan. Menurut Gatot, perubahan harus terus berjalan di dalam organisasi.

"Agar semakin mampu menghadapi dinamika lingkungan strategis yang terus bergerak dan bermunculannya tantangan tugas yang semakin kompleks dan tidak ringan," tutur dia.

Gatot telah bertugas menjadi prajurit di jajaran TNI selama 36 tahun. Karena itu, ia merasa yakin, Hadi dapat memimpin TNI ke arah yang lebih baik. Gatot melihat hal tersebur dari kapasitas pengalaman dan wawasan yang dimiliki Hadi.

Ia merasa bersyukur TNI telah dapat melewati berbagai tantangan tugas dengan optimal. Apalagi karena ada pengakuan atas kerja keras TNI dengan tingginya tingkat kepercayaan publik terhadap TNI. "Sebagaimana dinyatakan oleh beberapa lembaga, (itu) merupakan bentuk pengakuan tulus rakyat Indonesia atas kerja TNI selama ini," lanjut dia.

Pada kesempatan itu pula, ia mengucapkan rasa terima kasih dan penghargaannya kepada segenap prajurit TNI di mana pun mereka berada. Termasuk prajurit-prajurit yang dengan setia dan gagah berani bertugas menjaga batas-batas negara. "Atas dedikasi, loyalitas, dan upaya terbaiknya dalam melaksanakan tugas pokok selama ini. Hanya atas karsa dan kerja keras prajurit TNI, semua capaian itu dapat kita raih," terang dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement