REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan hasil evaluasi pengaduan warga yang disampaikan di kecamatan sudah optimal dan banyak terselesaikan.
"Di kecamatan bagus 70-an rata-rata tiap kecamatan, menurut saya sangat optimal bahkan banyak yang bisa diselesaikan di level kecamatan," kata Sandiaga di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (6/12).
Sandi mengatakan fungsi lain dari Balai Kota kepada warga yang datang bukan hanya untuk tempat pengaduan, tapi juga untuk warga menyampaikan aspirasi atau pendapat.
"Tadi melapor satu melaporkan tentang rusunawa dan sudah dapet pengurangan. Jadi tidak meminta apa - apa dari kita yang kedua memberi masukan satu untuk DP 0 rupiah bahwa ada asetnya pemprov yang menurut beliau belum optimal," kata Sandiaga.
Selain itu ada satu lagi, warga yang datang memberikan masukan tentang Tanah Abang. Ini menunjukkan bagaiman fungsi bagaimana masyarakat ikut berpartisipasi memberikan solusi kepada pemerintah.
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada Sabtu mulai menyediakan layanan pengaduan di tingkat kecamatan yang akan menerima pengaduan warga setiap Sabtu (18/11) mulai pukul 08.00 hingga 11.00 WIB.
Dia mengatakan, warga bisa mengadukan masalah ke kecamatan, tidak perlu datang ke Balai Kota DKI Jakarta untuk menyampaikan pengaduan.
"Ke depan membangun Jakarta itu tidak bisa sistemnya Superman, di mana semua satu di Balai Kota menyelesaikan. Tapi sistem kita ke depan adalah justice league, kita bekerja bersama-sama," kata Sandiaga