Senin 04 Dec 2017 12:15 WIB

Anies-Sandi Temui Menhub Bahas Berbagai Kerja Sama

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Andi Nur Aminah
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) dan Wakilnya, Sandiaga Uno (kanan)
Foto: ROL/Havid Al Vizki
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) dan Wakilnya, Sandiaga Uno (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno menemui Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di kantor Kemenhub. Mereka sepakat membentuk tim bersama menyelesaikan beberapa persoalan transportasi di ibu kota.

Menhub Budi mengatakan, transportasi di DKI juga menjadi fokus Kemenhub. Ia mengklaim beberapa program Kemenhub terkait transportasi di Jakarta sejalan dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI. Kesamaan ini akan berlanjut dengan pembentukan tim bersama. "Kita sepakat untuk membuat satu koordinasi, satu panitia kecil dan panitia kecil itu akan membahas masalah DKI," kata Budi, Senin (4/12).

Dia mengatakan, beberapa rencana yang sama antara Kemenhub dan Pemprov DKI di antaranya berkaitan dengan transportasi massal. Tim kecil yang dibentuk itu akan bekerja sama membahas loop line atau perlintasan kereta tak sebidang, LRT hingga electronic road pricing (ERP).

Dalam kesempatan yang sama, Anies mengatakan, koordinasi dengan Kemenhub perlu dilakukan dalam pembenahan sistem transportasi di DKI. Sebab, menurutnya, transportasi di Jakarta tidak hanya terkait dengan penduduk yang ada di Provinsi DKI, tetapi juga dengan mobilitas penduduk di wilayah-wilayah luar DKI.

"Penyelesaiannya memerlukan lintas wilayah. Kita akan siap bekerja bersama dengan Bapak/Ibu di Kementerian (Perhubungan), nanti akan ada tim kecil yang melakukan koordinasi," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement