Selasa 28 Nov 2017 20:49 WIB

Sandi Bahas Air Bersih untuk Warga Pesisir dan Asian Games

Rep: Sri Handayani/ Red: Karta Raharja Ucu
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno
Foto: ROL/Havid Al Vizki
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno melakukan rapat terbatas (ratas) untuk mengecek kesiapan air pada Asian Games 2018. Ia memastikan PD PAM Jaya sangat siap mencukupi kebutuhan tersebut.

"Tadi sudah dipastikan PAM Jaya kita posisi sangat siap dan mudah-mudahan sudah 100 persen untuk menghadapi persiapan Asian Games," kata Sandiaga kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (28/11).

Sandiaga memprediksi akan ada ratusan ribu orang datang dari luar negeri ke Jakarta untuk menonton pertandingan pada pesta olahraga se-Asia tersebut. Karena itu, ia meminta ada rapat khusus untuk membahas masalah air, ketersediaan air, dan pengelolaan limbah.

Dalam rapat itu, Sandiaga juga membahas rencana strategis penyediaan air bersih di Jakarta. "Salah satu yang menjadi harapan kita yaitu punya rencana strategis untuk Jakarta dalam menyediakan air bersih, khususnya warga kelas menengah ke bawah," kata dia.

Sandiaga khawatir, sebab warga Jakarta di wilayah pesisir harus membayar Rp 20 ribu per hari untuk mencukupi kebutuhan air satu keluarga. Dalam sebulan, pengeluaran mereka untuk air bisa mencapai Rp 600 ribu. Padahal, pendapatan mereka masih di bawah upah minimum provinsi (UMP).

Kondisi ini sangat timpang dengan apa yang dinikmati kalangan menengah ke atas. Mereka hanya membayar Rp 120 ribu per bulan untuk membayar tagihan air.

"Berarti ada ketidakadilan di sini. Ada ketimpangan. Jadi kita bahas besok. Akan ada rapat terbatas soal ini," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement