Senin 27 Nov 2017 17:45 WIB

Jambore Nasional Relawan Muhammadiyah Siap Digelar

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Simulasi penanganan banjir.
Foto: Antara
Simulasi penanganan banjir.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) akan menggelar Jambore Nasional Relawan Muhammadiyah. Jambore dilaksanakan 30 November-3 Desember 2017 sebagai usaha Muhammadiyah dalam mengubah paradigma penanggulangan bencana.

"Sebagai usaha MDMC dalam pengurangan risiko bencana dengan meningkatkan kapasitas relawan Muhammadiyah dalam penanggulangan bencana," kata Ketua Panitia Jambore Relawan Muhammadiyah, Budi Santoso, Senin (27/11).

Untuk itu, papar dia, MDMC merealisasikan upaya-upaya pengurangan risiko bencana melalui kegiatan Jambore Nasional Relawan Muhammadiyah di Malang. Kegiatan itu dihadiri relawan dari Sabang sampai Merauke dari unsur Muhammadiyah dan Aisyiyah.

Ketua MDMC, Budi Setiawan, menambahkan sebanyak 2.000 relawan Muhammadiyah akan mengikuti berbagai kegiatan. Ada seminar nasional kebencanaan, pameran lomba foto chalenge, gladi penanggulangan bencana, dan kelas penanggulangan risiko bencana.

Selain itu, ada uji kompetensi relawan meliputi Search and Rescue (SAR) medis, cerdas cermat dan psikososial. Budi menilai, serangkaian kegiatan Jambore Nasional Relawan Muhammadiyah kedua di Malang jadi momentum peningkatan kapasitas.

"Serangkaian kegiatan jambore dapat dijadikan pemacu bagi relawan Muhammadiyah, sehingga pada saat penanggulangan bencana sudah memiliki kapasitas untuk menolong warga terdampak bencana," ujar Budi.

Ia menambahkan, semangat relawan Muhammadiyah dalam penanggulangan bencana harus diimbangi dengan kapasitasnya dalam penanggulangan bencana. Sehingga, upaya-upaya pengurangan risiko bencana dapat tercapai secara maksimal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement