Ahad 26 Nov 2017 20:50 WIB

DIY Sabet Tujuh Penghargaan di Anugerah Pesona Indonesia

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Fernan Rahadi
Wisata Geologi Tebing Breksi di Sleman, Yogyakarta
Foto: Republika/Wahyu Suryana
Wisata Geologi Tebing Breksi di Sleman, Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Raihan DIY dalam Anugerah Pesona Indonesia 2017 cukup membanggakan. Tempat wisata yang ada DIY setidaknya berhasil masuk tiga besar dalam tujuh kategori, termasuk juara satu yang diraih Tebing Breksi dan Gua Jomblang.

Raihan pertama diberikan Wanawisata Budaya Mataram yang ada di Kabupaten Bantul, yang meraih juara dua kategori surga tersembunyi terpopuler. Lalu, ada Pantai Wediombo Kabupaten Gunung Kidul, juara dua tempat berselancar terpopuler.

Selanjutnya, ada Kalibiru dari Kabupaten Kulon Progo, yang meraih juara tiga kategori dataran tinggi terpopuler. Lalu, ada wisata geologi Tebing Breksi yang sukses mempersembahkan juara satu tujuan wisata baru terpopuler.

Kemudian, ada Kampung Wisata Mangunan di Kabupaten Bantul, sebagai juara tiga kampung adat terpopuler. Lalu, ada Pasar Beringharjo di Kota Yogyakarta yang meraih juara tiga obyek wisata belanja terpopuler.

Terakhir, ada Gua Jomblang dari Kabupaten Gunung Kidul yang meraih juara satu obyek wisata unik terpopuler. Tujuh raihan itu hanya dikalahkan raihan tempat-tempat wisata Riau yang lebih banyak menempati juara satu.

Hebatnya, semua kabupaten/kota di DIY berhasil mengirimkan setidaknya satu tempat wisatanya masuk ke dalam tiga besar dari tujuh kategori yang disabet. Secara umum, DI Yogyakarta hanya berbeda satu raihan dari Riau yang menjadi juara umum.

Bahkan, capaian DIY dan Riau sama-sama tujuh penghargaan jika tidak menghitung penghargaan juara umum yang diraih Riau. Meski begitu, geliat wisata kedua provinsi itu memang terbilang ciamik sepanjang tahun ini.

Setidaknya, tempat-tempat wisata dari dua provinsi itu memang paling banyak dibicarakan di media-media sosial. Baik DIY maupun Riau, sukses menggeser perbincangan media sosial yang tadinya fokus ke Raja Ampat dan Lombok.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement