Jumat 24 Nov 2017 16:45 WIB

Gunung Tambora Resmi Jadi Geopark Nasional

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Hazliansyah
Gunung Tambora
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Gunung Tambora

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Nusa Tenggara Barat (NTB) Ridwan Syah mengatakan, Gunung Tambora di Pulau Sumbawa, NTB telah resmi ditetapkan sebagai geopark nasional.

"Alhamdulilah, setelah perjuangan selama kurang lebih dua tahun lamanya, sejak digagas pertama kali pada 2014, akhirnya Gunung Tambora resmi ditetapkan sebagai geopark nasional," ujar Ridwan Syah dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id di Mataram, NTB, Jumat (24/11).

Ridwan Syah mengatakan telah menerima sertifikat penetapan Gunung Tambora sebagai geopark nasional dari Komite Nasional Geopark Indonesia (KNGI) pada seminar nasional dan Festival Geopark II Pulau Belitong pada Jumat (24/11) ini.

Pria yang juga menjabat sebagai General Manajer Geopark Tambora ini mengatakan, upaya menjadikan Gunung Tambora sebagai geopark nasional telah melewati proses seleksi yang cukup panjang oleh tim penilai. Yang terdiri dari unsur kementerian terkait, perwakilan UNESCO, dan sejumlah pakar geopark.

Ridwan Syah menjelaskan, pascapengajuan dokumen usulan pada dua tahun lalu, akhirnya dilakukan uji kelayakan di Jakarta pada 31 Oktober 2017, dan selanjutnya adanya kunjungan lapangan tim assesor Badan Geologi pada 10-12 November 2017.

Ridwan Syah sejak awal optimistis Gunung Tambora akan menjadi geopark nasional. Alasannya didasari karena kawasan Gunung Tambora yang tidak hanya memiliki potensi keragaman geologi yang luar biasa, tetapi juga potensi keragaman hayati dan keragaman budaya yang tentunya apabila dikelola dengan baik akan membawa manfaat bagi masyarakat.

"Poin terpenting lainnya, komitmen penuh dari Bapak Gubernur TGH Muhammad Zainul Majdi dan jajaran Pemprov NTB, dan dukungan dari Pemkab Bima dan Dompu, serta seluruh masyarakat," ucap Ridwan Syah.

Ridwan Syah menegaskan, selain fungsi konservasi dan edukasi, penetapan Geopark Nasional Gunung Tambora diyakini dapat meningkatkan kesejahteraan dan menumbuhkan embrio ekonomi lokal melalui pengembangan sektor pariwisata berbasis kegiatan ecotourism dan agrowisata.

"Keberhasilan Tambora sebagai geopark nasional menjadi kado ulang tahun Pemprov NTB ke-59 Provinsi pada 17 Desember 2017. Ke depan, kita akan dorong Tambora menyusul Geopark Rinjani menjadi Unesco Global Geopark," Ridwan Syah menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement