Kamis 23 Nov 2017 21:18 WIB

Tol Soroja Siap Diresmikan pada November

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Andri Saubani
Sekda Jabar Iwa Karniwa melakukan kunjungan ke pembangunan Tol Soroja (Soreang-Pasir Koja), Rabu (27/7). (Republika/Ari Lukihardianti)
Foto: Republika/Arie Lukihardiyanti
Sekda Jabar Iwa Karniwa melakukan kunjungan ke pembangunan Tol Soroja (Soreang-Pasir Koja), Rabu (27/7). (Republika/Ari Lukihardianti)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Tim gabungan, sudah melakukan pengecekan kelayakan fungsi jalan Tol Soreang-Pasir Koja (Soroja), pekan lalu. Menurut Sekda Provinsi Jabar, Iwa Karniwa, hasil kajian dari tim yang terdiri dari Polda Jabar, Bina Marga, Dishub, Kemenhub, BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol), dan Pemkab Bandung, berjalan lancar.

"Hasil kajiannya, positif ya. Hasil kajian cukup bagus. Tak ada catatan dan sudah laik digunakan," ujar Iwa kepada wartawan, Kamis (23/11).

Menurut Iwa, karena sudah dinyatakan laik digunakan maka sekarang Pemprov Jabar tinggal menunggu jadwal Presiden Joko Widodo (Jokowi). Karena, peresmian jalan tol ini akan dilakukan langsung oleh presiden.

"Kelihatannya peresmiannya akhir November ini. Mudah-mudahan semuanya lancar," katanya.

Terkait progres pembangunan, menurut Iwa, berdasarkan laporan yang diterimanya progres pembangunan jalan tol sepanjang 10,5 km telah mencapai 90 persen. Sisa pembangunan yang belum diselesaikan hanya menyangkut finishing marka jalan, PJU, pintu, dan beberapa penyelesaian lainnya termasuk drainase.

"Tapi secara umum struktur sudah selesai 100 persen jadi siap diresmikan. Karena, yang belum hanya hal-hal yang sifatnya tambahan kalau secara keseluruhan sudah lancar," kata Iwa.

Sebelumnya, menurut Direktur Utama Citra Marga Lintas Jabar Bagus Medi Suarso, tim yang mengecek kelayakan fungsi jalan tol datang pada Kamis dan Jumat (16 dan 17/11).

"Uji layak fungsi terhadap jalan tol ini harus dilakukan agar bisa diketahui layak digunakan atau tidak," katanya.

Medi mengatakan, dalam beberapa pekan ini atau sekitar 10 hari pihaknya akan mengebut pengerjaan. Sehingga, proses finishing bisa cepat selesai. Maksimal, semuanya selesai pada 25 November.

"Tak ada lagi pekerjaan kontruksi jadi target bisa tercapai," katanya.

Menurut Medi, nantinya pintu tol Soroja akan memiliki pintu. Yakni, Soreang, Kuta Waringin Barat, Kuta Waringin Timur, Marga Asih Barat dan Marga Asih Timur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement