Selasa 21 Nov 2017 19:42 WIB

Warga Kulon Progo Dibekali Pelatihan Oleh AP I

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Hazliansyah
masterplan Bandara Internasional di Kulonprogo.
Foto: yogyayes
masterplan Bandara Internasional di Kulonprogo.

REPUBLIKA.CO.ID, KULON PROGO -- PT Angkasa Pura I (Persero) membuktikan komitmen dan tanggung jawab pada lingkungan dan masyarakat khususnya di wilayah pembangunan Bandara Baru Yogyakarta di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo. Salah satunya dengan memberi pelatihan kegiatan Satpam kepada 80 orang pemuda di Temon.  

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama mengatakan, pelatihan ini merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Angkasa Pura I (Persero) sebagai bentuk tanggung jawab dan kepedulian kepada masyarakat muda dalam menghadapi persaingan mendatang.

Kegiatan ini digelar berkat kerja sama dengan Badan Usaha Jasa Pengamanan yang berasal dari Kabupaten Kulon Progo, PT Tri Dhaya Prima Karya.

"Kemudian 80 orang pemuda yang terpilih untuk mengikuti pelatihan selama 21 hari setiap batch nya itu terbagi menjadi dua batch yakni Tahap I dan Tahap II," kata Agus Pandu, Selasa (21/11).

Seluruh peserta tersebut berasal dari lima desa yang berada di area pembangunan bandara baru, yaitu Sindutan, Jangkaran, Kebonrejo, Glagah dan Palihan. Dengan melibatkan Disnakertrans, Kecamatan Temon dan kelima Kantor Kepala Desa dalam proses seleksinya, pelatihan ini ditujukan untuk memberikan bekal keahlian kepada para warga agar mempunyai kesempatan dalam mendapatkan pekerjaan.

Acara penutupan Pelatihan Satpam Tahap II sendiri telah berlangsung akhir pekan lalu di Ruang Rapat Yudhistira, Graha Angkasa Pura Airports Kantor Cabang Bandara Internasional Adisutjpto Yogyakarta. Penuntupan itu juga dihadiri oleh Kepala Dinas Narketrans Kulon Progo serta Direktur PT Tri Dhaya Prima Karya.

"Sebagai masyarakat yang sangat memahami kearifan lokal di Kulon Progo, alangkah baiknya tidak hanya menjadi penonton dan dapat mempersiapkan diri. Jadikan kompetensi diri sebagai bentuk sumbangsih dan kontribusi positif di masa mendatang sehingga peluang tidak dibiarkan berlalu begitu saja," ujar Pandu.

Saat ini, lanjut dia. di samping program Pelatihan Satpam, PT Angkasa Pura I (Persero) juga sedang melaksanakan Pelatihan Kewirausahaan bagi 150 orang warga Kecamatan Temon yang terbagi menjadi tiga batch.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement