Ahad 19 Nov 2017 13:08 WIB

Perjalanan Hidup Setya Novanto, dari Pekerja Keras Hingga Jadi Politikus 'Licin'

Ketua DPR Setya Novanto.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Ketua DPR RI, Setya Novanto.

Novanto juga sempat mendirikan CV Mandar Teguh bersama putra Direktur Bank BRI Surabaya, Hartawan. Dan pada saat yang sama ia ditawari bekerja menjual mobil salesman Suzuki untuk Indonesia Bagian Timur. Ia mengiyakannya dan memilih membubarkan CV yang didirikannya. Di usia 22 tahun ia menjadi Kepala Penjualan Mobil untuk wilayah Indonesia Bagian Timur. Di masa-masa ini Setya Novanto dikenal sebagai orang yang ulet dan banyak sahabat.

Di dunia politik, perjalanan Setnov di Golkar mulai ketika ia semakin akrab dengan Hayono Isman. Perjalanan politiknya di mulai sejak 1990-an. Setelah akrab dengan Kosgoro dan lingkungan Partai Golkar, Setnov menjabat bendahara di partai beringin ini. Pada 1999 akhirnya Setnov menjadi anggota DPR dari Fraksi Golkar. Tercatat ia enam periode berturut-turut selalu terpilih menjadi anggota legislatif dari partai Golkar hingga saat ini. Di Golkar pun ia beberapa kali menjabat sebagai bendahara Golkar.

Setya Novanto terpilih dalam pencalonan Ketua DPR RI Periode 2014 - 2019. Saat terjadi dualisme kepemimpinan di Golkar antara Aburizal Bakrie dan Agung Laksono, partai lantas menggelar Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) untuk mengakhiri ini pada 2016. Setnov pun mencalonkan sebagai ketua. Ia mengalahkan Ade Komaruddin, dan dipercaya melanjutkan kepemimpinan Golkar periode 2016-2019.

Selama kepemimpinannya di partai Golkar dan DPR Setnov diterpa berbagai rumor dan persoalan korupsi. Pada 2015 namanya terseret pada kasus rekaman PT Freeport. Setya Novanto pun mengundurkan diri tepat saat Mahkamah Kehormatan Dewan DPR akan memutuskan pelanggaran kode etik. Setya Novanto digantikan oleh Ade Komarudin. Namun tidak lama, Setnov pun kembali menjabat sebagai Ketua DPR setelah persoalan etiknya di Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) selesai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement