Sabtu 18 Nov 2017 13:56 WIB

BPPD Jateng Puji Pemkab Semarang yang Buka Samsat Online

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Karta Raharja Ucu
Perpanjangan SIM di mobil pelayanan SIM keliling
Foto: antara
Perpanjangan SIM di mobil pelayanan SIM keliling

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Kepala Badan Pengelola Pendapatan Daerah (BPPD) Provinsi Jawa Tengah, Ichwan Sudrajad memuji langkah cepat Pemkab Semarang untuk mendukung UPPD dengan mendirikan gerai samsat online. Dukungan ini dibuktikan dengan menyediakan tempat untuk gerai samsat online.

Dalam setahun terakhir, telah didirikan tiga gerai samsat online yakni di Tengaran, Tuntang dan Ambarawa. "Pembukaan beberapa gerai samsat online di Kabupaten Semarang terhitung paling cepat di Jawa Tengah," katanya, kemarin.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah sangat menghargai upaya ini. Karena dapat membantu meningkatkan kekuatan fiskal Kabupaten Semarang melalui bagi hasil pajak dan lainnya.

Disebutkan pula, pada 2017 target bagi hasil pajak yang dikelola UPPD Kabupaten Semarang sebesar Rp 206 miliar telah tercapai pada November ini. Karenanya, pihak BPPD siap melakukan negosiasi dengan Pemkab Semarang untuk meningkatkan target bagi hasil pajak tahun berikutnya.

"Sehingga dukungan penuh Pemkab Semarang dapat membantu meningkatkan besaran bagi hasil di tahun mendatang," kata dia.

Untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan kewajibannya membayar pajak kendaraan bermotor (PKB), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Semarang bakal membuka gerai Sistem Administrasi Satu Atap (Samsat) online di wilayah perbatasan daerah. Wakil Bupati Semarang, Ngesti Nugraha mengatakan, komitmen pemkab untuk mendekatkan pelayanan pajak tetap dilanjutkan. Salah satunya dengan menambah gerai Samsat online di wilayah terluar bagian selatan.

"Selain untuk mendekatkan pelayanan, langkah ini dinilai akan mengoptimalkan pemasukan dari sektor PKB," ungkapnya di sela acara pembukaan gerai samsat online Ambarawa, di kompleks sub terminal Ambarawa, Jumat (17/11).

Menurutnya, wilayah selatan Kabupaten Semarang dinilai cukup potensial, seperti Kecamatan Susukan, Kaliwungu yang berbatasan dengan Kabupaten Boyolali dan Kecamatan Getasan yang berbatasandengan Kabupaten Magelang. Di sisi lain, jarak wilayah kecamatan ini ke pusat pemerintahan Kabupaten Semarang juga cukup jauh."Guna mewujudkan gerai Samsat online di wilayah perbatasan ini, Pemkab akan bekerja sama dengan Unit Pengelola Pendapatan daerah (UPPD) Provinsi Jawa Tengah," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement