Jumat 17 Nov 2017 08:52 WIB

Belum Ada Laporan Kerusakan Akibat Gempa Sorong

Gempa bumi (ilustrasi)
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Gempa bumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SORONG -- Gempa bumi berkekuatan 3,1 skala Richter mengguncang Kota Sorong, Papua Barat, Jumat pukul 02.05 WIT dengan kedalaman 10 kilometer. Hingga saat ini, belum dilaporkan kerusakan yang timbul akibat gempa bumi yang dipastikan tidak memicu tsunami tersebut.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Sorong Andri W. Bidang menginformasikan lokasi gempa pada koordinat 1.38 Lintang Selatan dan 130.69 Bujur Timur yang berjarak 48 km Barat Daya Laut Kota Sorong.

Menurut dia, ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat tumbukan lempeng.

Penjalaran getaran gempa dirasakan seluruh warga Kota Sorong. Warga yang berada di gedung bertingkat sangat merasakan efek dari gempa tersebut.

Ia mengatakan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadi tsunami. "Kami mengimbau kepada masyarakat di pesisir pantai agar tidak terpancing dengan isu-isu yang tidak bertanggung jawab karena gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement