Selasa 14 Nov 2017 23:52 WIB

Gubernur Jatim Siapkan Strategi Tingkatkan Kualitas SDM

Gubernur Jawa Timur Soekarwo
Foto: Republika/Dadang Kurnia
Gubernur Jawa Timur Soekarwo

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Gubernur Jawa Timur Soekarwo menyiapkan strategi-strategi sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar masyarakat memiliki daya saing global. "Strateginya meliputi sektor formal dan strategi nonformal, kemudian juga untuk penempatan SDM di dunia kerja," ujarnya di sela Peluncuran Buku Pembangunan Jawa Timur Berkeadilan dan Berdaya Saing oleh Dewan Riset Daerah di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Selasa (14/11).

Pakde Karwo, sapaan akrabnya, menjelaskan strategi formal yang dimaksud, yakni diarahkan peningkatan kualitas lulusan SMK dengan menambah muatan kurikulum perguruan tinggi yang ada fakultas tekniknya. Sedangkan pada strategi nonformal, kata dia, akan diarahkan untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja terampil dan bersertifikat melalui SMK mini dan Balai latihan kerja.

"Setidaknya Jatim bisa menyediakan 227.825 tenaga kerja bersertifikat dan berdaya saing," ucap orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut.

Menurut dia, 'dual track strategy' merupakan strategi membangun yang berkualitas, standart terampil bersertifikat, maupun menjadi wirausaha yang akan terkoneksi pada saat berproduksi dengan strategi pembiayaan bunga murah maupun fasilitasi pasar. "Baik pasar domestik maupun global, produk-produk wirausaha hasil pembangunan SDM tersebut akan memiliki daya saing tinggi serta mampu meningkatkan kemandirian ekonomi Jatim," katanya.

Pembangunan SDM, lanjut dia, akan mampu mempercepat provinsi memiliki strategi pembangunan ekonomi yang berbasis keterampilan, keahlian SDM yang didukung oleh penggunaan sumber daya alam terkendali untuk kesejahteraan rakyat Jatim.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement