Advertisement

Menyulap Limbah Plastik Menjadi Kerajinan Tangan

Ahad 12 Nov 2017 10:20 WIB

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Mohamad Amin Madani

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Warga Malang, Kustinik (52) memanfaatkan barang bekas seperti plastik kresek dan botol bekas menjadi kerajinan tangan menarik. Salah satu hasil karyanya, yakni busana plastik kresek yang pernah digunakan dan dibeli di berbagai festival, lokal maupun nasional.

Selama tiga tahun terakhir, Kustinik berhasil menghasilkan berbagai macam kerajinan tangan dari kresek dan botol bekas. Beberapa di antaranya seperti bros, tas tangan maupun punggung, vas bunga dan busana. Untuk busana plastik kresek, hingga kini sudah memghasilkan enam kostum.

Meski bukan mata pencaharian utama, Kustinik mampu mendatangkan omzet sekitar Rp 1,5 juta per bulan dengan modal Rp 700 ribu. Sementara kisaran harganya sendiri dijual dari Rp 12.500 sampai Rp 250 ribu.

Adapun busana kreseknya, Kustinik mengungkapkan, membanderolnya dengan harga Rp 600 ribu sampai Rp 800 ribu per kostum. Jike menyewa dalam sehari, busana ini dikenakan biaya sekitar Rp 200 ribu. "Dan busana saya pernah disewa sampai ke Tangerang karena ada event waktu itu," tegas dia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA