Selasa 07 Nov 2017 11:55 WIB

Bali Gelar Operasi Pasar Jelang Natal dan Tahun Baru

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Gita Amanda
Pemerintah Provinsi Bali menggelar operasi pasar di Pasar Kreneng, Denpasar untuk memastikan kebutuhan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru.
Foto: MUTIA RAMADHANI/REPUBLIKA
Pemerintah Provinsi Bali menggelar operasi pasar di Pasar Kreneng, Denpasar untuk memastikan kebutuhan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru.

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Pemerintah Provinsi Bali menggelar operasi pasar di Pasar Kreneng, Denpasar, Selasa (7/11). Kegiatan ini untuk memastikan kesiapan kebutuhan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru di Pulau Dewata.

"Kegiatan rutin ini kami lakukan bersama Bulog untuk menjaga kestabilan harga menjelang hari raya keagamaan," kata Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Provinsi Bali, I Dewa Putu Sunartha di Denpasar, Selasa (7/11).
 
Pantauan Republika.co.id menunjukkan harga beras Medium I di Pasar Kreneng dijual dengan harga Rp 10 ribu per kilogram (kg), Medium II Rp 9.500 per kg, Super I Rp 11 ribu per kg, dan Super II Rp 10.500 per kg. Gula pasir di pasar besar Denpasar ini dijual rata-rata Rp 12 ribu per kg, minyak goreng curah Rp 12.500 per liter, sementara minyak goreng dalam kemasan Rp 15.500 per liter.
 
Harga bawang merah di Pasar Kreneng masih fluktuatif di kisaran Rp 15-18 ribu per kg. Harga bawang putih turun dari Rp 20 ribu menjadi Rp 18 ribu per kg. Cabai rawit merah dijual Rp 16 ribu per kg, sementara cabai merah besar Rp 15 ribu per kg.
 
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali, Ni Wayan Kusumawathi mengatakan operasi pasar juga bertujuan memastikan ketersediaan kebutuhan pokok di pasar supaya tidak terjadi lonjakan harga akibat kebutuhan langka. Bulog dalam operasi kali ini menyediakan sejumlah kebutuhan yang langsung didistribusikan di Pasar Kreneng.
 
"Ada 1,5 ton beras, 500 liter minyak goreng, dan 500 kilogram (kg) gula pasir," kata Kusumawathi. Beras Bulog dijual dengan harga Rp 8.100 per kg, minyak goreng Rp 12.500 per liter, sedangkan gula pasir Rp 12.500 per kg. Masyarakat juga antusias menyambut operasi pasar ini.
 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement