Selasa 07 Nov 2017 00:07 WIB

Perambahan Hutan Ancam Kelestarian Bunga Rafflesia

Bungga Rafflesia Arnoldii saat sedang mekar.
Bungga Rafflesia Arnoldii saat sedang mekar.

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU -- Perambahan hutan lindung Bukit Daun di wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu, telah mengancam kelestarian bunga langka dilindungi Rafflesia arnoldii. Koordinator Forum Masyarakat Peduli Rafflesia Bengkulu Tengah Ibnu Hajar mengatakan ada delapan inang bunga rafflesia yang dipotong karena aktivitas perambahan hutan di Bukit Daun.

Saat bertemu pejabat Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Bengkulu, Ibnu mengatakan perambahan hutan telah merusak habitat kunci Rafflesia arnoldii. Di lokasi perambahan baru, terutama di kilometer 45 dari Kota Bengkulu, tumbuhan liana sp yang merupakan inang rafflesia ikut dibabat untuk membuka lahan menjadi kebun kopi.

"Perambah tidak lagi takut dengan aparat hukum, mereka sudah membuka lahan dekat dengan jalan," kata dia, Senin (6/11).

Belum lama ini menurutnya, perambah juga memotong tanaman induk Rafflesia arnoldii dan mencincang sejumlah bonggol atau calon bunga rafflesia.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi Bengkulu, Agus Priambudi mengatakan segera menurunkan tim dari Kantor Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Lindung Bukit Daun untuk mengatasi perambahan itu.

"Kami akan minta KPH untuk meningkatkan patroli di kawasan yang menjadi habitat kunci bunga rafflesia dengan melibatkan masyarakat sekitar," kata Agus.

Hutan lindung Bukit Daun yang membentang dari Kabupaten Bengkulu Tengah, Kepahiang, Bengkulu Utara hingga Kabupaten Rejanglebong dan Lebong merupakan habitat bunga langka Rafflesia arnoldii.

Di kawasan hutan di sekitar Kecamatan Taba Penanjung, Bengkulu Tengah yang dibelah jalan lintas menghubungkan Kota Bengkulu-Bengkulu Tengah-Kepahiang-Curup merupakan lokasi yang kerap ditemukan bunga rafflesia mekar.

"Area ini juga menjadi andalan bagi turis yang ingin melihat Rafflesia arnoldii karena posisinya dekat dengan jalan lintas, tapi sekaligus rawan dengan pengrusakan karena sangat mudah diakses," kata Agus.

Rafflesia arnoldii merupakan satu dari empat jenis rafflesia yang teridentifikasi di hutan Bengkulu. Selain jenis Rafflesia arnoldii, terdapat tiga jenis rafflesia lainnya yang tumbuh di hutan Bengkulu yaitu Rafflesia bengkuluensis, Rafflesia gadutensis dan Rafflesia hasselti.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement