Senin 06 Nov 2017 15:37 WIB

PAN Siap Dukung Gus Ipul atau Khofifah, Ini Syaratnya

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Andri Saubani
Sekjen PAN, Eddy Soeparno
Foto: Republika/Bilal Ramadhan
Sekjen PAN, Eddy Soeparno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Amanat Nasional (PAN) menyiapkan dua opsi dukungan di Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018 mendatang. Dua opsi tersebut antara lain, yakni dengan membentuk poros baru selain dua sosok calon gubernur (cagub) yang sudah ada yakni Saifullah Yusuf (Gus Ipul) maupun Khofifah Indar Parawansa.

Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno meyakini masih ada tokoh Jawa Timur lainnya yang layak diusung menjadi cagub. "Pilkada Jatim tidak mutlak terpolarisasi pada Gus Ipul dan Khofifah, kami yakin ada tokoh Jawa Timur lain yang juga layak diusung sebagai cagub," ujar Eddy kepada wartawan pada Senin (6/11).

Karenanya, saat ini PAN tengah berkomunikasi dengan partai politik (parpol) lain yang belum menyatakan mendukung cagub Jawa Timur, seperti Partai Gerindra dan PKS. "Kita tengah berkomunikasi dengan parpol-parpol yang belum mengusung cagub. Intinya kita mencari alternatif cagub yang sekaliber Gus Ipul dan bu Khofifah," ujarnya.

Menurutnya, dari komunikasi tersebut ada sejumlah sosok yang dinilai sepadan dengan dua calon lain tersebut. Namun, ia belum mau mengungkap nama-nama tersebut secata detil.

Yang pasti kata Eddy, cagub tersebut nantinya akan dipasangkan dengan kader internal dari PAN. "PAN memiliki kader yang mumpuni yang memiliki kapasitas yang teruji, kompetensi dan popularitas yang tinggi seperti Suyoto, Masfuk, dan Anang Hermansyah," ujarnya.

Meski demikian, Eddy pun menjelaskan partainya tidak menutup kemungkinan mendukung salah satu cagub antara Khofifah atau Gus Ipul. Namun, PAN mensyaratkan dukungan kepada cagub, harus mengambil calon wakil gubernur (cawagub) dari kader PAN. "Yang jelas kita meminta kader PAN digandeng sebagai cawagub, dari tiga itu," kata Eddy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement