Kamis 02 Nov 2017 20:36 WIB

Selain 48 Paku, Gumpalan Rambut Ditemukan di Perut Wawan

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Esthi Maharani
Paku-paku berkarat yang dimakan Wawan Gunawan (44) yang berhasil dikeluarkan RSUD Dr Soekardjo, Kota Tasikmalaya, Rabu (1/11). Wawan memperoleh perawatan serius lantaran memakan puluhan paku diduga karena stres.
Foto: Republika/Rizki Suryarandika
Paku-paku berkarat yang dimakan Wawan Gunawan (44) yang berhasil dikeluarkan RSUD Dr Soekardjo, Kota Tasikmalaya, Rabu (1/11). Wawan memperoleh perawatan serius lantaran memakan puluhan paku diduga karena stres.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Alangkah terkejutnya dokter Yarie Hudly ketika diminta menangani operasi Wawan Gunawan (44 tahun). Kasus Wawan bukanlah operasi pada umumnya lantaran puluhan paku tersangkut di perutnya. Dokter Yarie pun baru pertama kali mengoperasi paku keluar dari dalam tubuh manusia.

Dokter spesialis bedah itu mengungkapkan beberapa kali mengeluarkan jarum dari dalam tubuh pasien. Tetapi, untuk kasus Wawan, ia mengaku termasuk kasus unik karena ada 48 paku bersarang di dalam perut. Apalagi posisi paku posisinya berada di bagian usus.

"Sebetulnya kasus ini pertama kalau cuma kasus jarum pentul dan jarum lain sudah sering. Kalau cuma jarum enggak masalah bisa keluar sendiri dengan makanan berserat. Kalau paku banyak seperti ini susah keluar karena usus berbelok-belok," katanya pada wartawan, Kamis (2/11).

Dengan posisi paku itu, maka tentu dibutuhkan upaya pembedahan bagian usus agar paku dapat dikeluarkan. Dari proses penarikan paku, didapati 42 paku berada di bagian usus besar bagian bawah, tiga paku di usus besar bagian atas, satu paku di usus besar samping dan satu lagi terakhir di usus halus bagian atas.

"Nah di usus halus bagian atas ini paling besar yang 12 centimeter," sebutnya.

Hambatan terbesar pun, menurutnya adalah ketika mengeluarkan paku 12 cm itu. Tim dokter sempat kebingungan untuk mengeluarkannya. "Hambatan waktu keluarkan yang usus halus itu paling panjang. Masuk dari atas dan bawah susah diambil akhirnya keluarkan disitu saja, dibelek," ujarnya.

Total terdapat empat titik pembelekan di bagian perut Wawan supaya seluruh paku dapat dikeluaran. Tetapi uniknya, kondisi usus Wawan tak mengalami luka. Hal itulah yang membuat tim medis menggeleng-gelengkan kepala saat menjalani operasi. "Kondisi usus tak terluka, ketika operasi kondisi usus bagus," ucapnya.

Meski sempat enggan mengucapkannya, ia mengakui terdapat benda asing lainnya di tubuh Wawan. Benda itu ikut dikeluarkan bersamaan dengan 47 paku. "Ada helaian rambut, tapi tidak banyak terpisah di bagian usus besar. Rambutnya pendek agak menggumpal," tuturnya.

Sebelumnya, Wawan sudah dirawat di RSUD dr Soekardjo lantaran mengalami sakit di perutnya sejak Senin (30/10) malam. Dari perutnya muncul paku yang hampir menembus tubuhnya. Diduga Wawan memakan paku lantaran mengalami gangguan kejiwaan. Tim dokter berhasil mengeluarkan seluruh benda asing dari tubuh Wawan lewat operasi pada Rabu, (1/11).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement