Rabu 01 Nov 2017 13:39 WIB

TGB Jadi Gubernur Pembina Tagana Terbaik

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Agus Yulianto
Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi
Foto: Republika/Muhammad Nursyamsyi
Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Tuan Guru Haji (TGH) Muhammad Zainul Majdi mendapatkan penghargaan dari Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawangsa. Penghargaan ini diberikan atas dedikasi pria yang dikenal dengan sebutan Tuan Guru Bajang (TGB) dalam membina Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan upaya penanggulangan bencana bidang perlindungan sosial.

Penghargaan ini diberikan melalui Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos Harry Hikmat pada acara jambore nasional Tagana dan Asean di Manado, Jumat (27/10). Kepala Dinas Sosial NTB Ahsanul Khalik yang mewakili TGB menerima penghargaan mengatakan, Gubernur NTB didaulat sebagai kepala daerah pembina Tagana terbaik.

Ahsanul menjelaskan, sejumlah alasan mengapa TGB dipilih sebagai kepala daerah terbaik. "Antara lain program Pemprov NTB melalui Dinas Sosial membuat Sahabat Tagana pada Pondok Pesantren dan Sekolah Setingkat SMU/SMK dan MA," ujar Ahsanul kepada Republika.co.id, di Mataram, NTB, Rabu (1/11).

Melalui Dinsos NTB, Pemprov NTB kata Ahsanul juga menganggarkan uang insentif dan dana pengerahan melalui APBD. Ahsanul mengatakan, dengan dana pengerahan, Tagana bisa cepat bergerak ke lokasi ketika bencana terjadi.

"Perhatian dan kepercayaan Pak Gubernur NTB pada Tagana sangat besar. Hal itu membuat penanganan bencana menjadi lebih cepat dan efektif," lanjut Ahsanul.

Selain itu, keterlibatan Tagana NTB yang cukup aktif dalam sejumlah kegiatan nasional dan kebencanaan menjadi faktor yang menjadi penilaian. Ahsanul berharap, penghargaan ini semakin memicu semangat anggota Tagana NTB untuk melayani masyarakat lebih baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement