Rabu 01 Nov 2017 08:50 WIB

Pemkot Bandung Bentuk Komda Lansia

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Esthi Maharani
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil
Foto: Republika/Edi Yusuf
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung tak mengesampingkan kelompok warga lanjut usia (lansia) dalam program-program pembangunannya. Untuk mendukung program-program yang memperhatikan lansia, Pemkot Bandung secara resmi membentuk dan mengukuhkan Komisi Daerah (Komda) Lansia. Pengukuhan pengurus Komda Lansia yang dilanjutkan rapat koordinasi dilakukan langsung oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Balai Kota Bandung, Selasa (31/10).

Ridwan mengatakan lansia tak luput dari perhatian pemerintah Kota Bandung. Bahkan hanya di Kota Bandung satu satunya kota yang memiliki kantor bidang lansia. "Setelah ada bidang khusus, lansia di kota Bandung ini terakomodasi dan diurus secara baik," kata pria yang akrab disapa Emil ini.

Emil menyampaikan, lansia di Bandung harus diperhatikan lebih baik dalam hal kesehatan, tata ruang maupun kehidupan sehari hari. Dengan demikian maka lansia di kota Bandung akan lebih bahagia. Ia mengapresiasi karena dari 27 kabupaten/kota, baru Kota Bandung saja yang melaksanakan rakor dan pengukuhan.

"Alhamdulillah kota Bandung kota pertama yang melaksanakan rakor dan pengukuhan. Saya harap dengan telah dikukuhkannya anggota maupun bisa ketua, Lansia di Bandung menjadi lebih bahagia dan nyaman tinggal di Bandung," tuturnya.

Emil berpesan, jika ingin menjadi Kota Ramah Lansia maka ada beberapa indikator yang harus dibenahi, diantaranya ruang terbuka untuk lansia, transportasi nyaman, perumahan, partisipasi sosial, inklusi keterlibatan sosial, partisipasi sipil dan pekerjaan, komunitas dan informasi serta dukungan masyarakat layanan kesehatan.

"Agar hal tersebut bisa hadir, maka koordinasi setiap SKPD maupun masyarakat harus baik. Insya Allah jika itu terjadi maka kota Bandung mendapatkan predikat Kota Ramah Lansia,"ujarnya.

Sementara itu menurut Wakil Wali Kota Bandung sekaligus Ketua Komda Lansia Kota Bandung Oded M. Danial menyampaikan, pengukuhan sekaligus rakor ini merupakan kegiatan yang luar biasa khususnya untuk para pengurus yang akan di lantik mendapatkan amanah mengurus kaum lansia di kota Bandung. Karena sejatinya anak anak harus berbuat baik kepada orang tua kita.

"Hari ini respon positif agar kita dapat sebuah perhatian upaya harus berlakukan memuliakan orang-tua. Semua orang yang umurnya di atas kita itu merupakan orang tua. Maka hormati dan sayangi selalu," ujar Oded.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement