Advertisement

Menengok Kebun Buah Nanas dan Buah Naga Binaan Dompet Dhuafa

Rabu 25 Oct 2017 20:06 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Mohamad Amin Madani

REPUBLIKA.CO.ID, SUBANG  -- Dompet Dhuafa mengelola sebuah perkebunan buah nanas dan buah naga untuk para petani di Desa Cirangkong, Kecamatan Cijambe, Kabupaten Subang, Rabu (25/10).

Perkebunan ini memiliki luas 8 hektar. Namun, baru lima hektar yang dimanfaatkan untuk ditanami buah nanas madu dan buah naga. Ada lima komoditas yang ditanam di atas tanah delapan hektar ini, ada buah naga, nanas, pisang, pepaya kalifornia, dan jambu. Namun, untuk sementara ini buah yang paling banyak ditanam oleh petani hanyalah buah nanas dan buah naga.

Pada awalnya kebun di Desa Cirangkong tidaklah produktif, sehingga Dompet Dhuafa perlu untuk membantu para petani dengan menggunakan dana wakaf produktif. Dompet Dhuafa kemudian memberikan modal dan pembinaan kepada petani, sehingga dapat menanam nanas dan buah naga yang berkualitas.

Di desa Cirangkong Dompet Dhuafa membina 22 hektar kebun milik petani. Buah naga ditanam sejak tahun 2014 akhir, sedangkan nanas dari awal tahun 2017.

Dalam menjalankan program perkebunan ini Dompet Dhuafa juga menyediakan akses pemasaran dan pengolahan untuk membuat produk yang memiliki nilai lebih.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA