Kamis 19 Oct 2017 18:35 WIB

IQE ke-5 Pamerkan Produk dan Sertifikasi SNI

SNI
Foto: antara
SNI

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Berbagai produk dan layanan sertifikasi SNI akan dipamerkan di Indonesia Quality Expo (IQE) ke-5 di Grand Clarion Convention, Kota Makasar, Sulawesi Selatan.  Pameran yang mengusung tema Memperkuat Penerapan SNI di Daerah Dalam Rangka Menembus Pasar Global ini, akan diselenggarakan dari tanggal 24-26 Oktober 2017. Sulawesi Selatan terpilih sebagai tempat penyelenggaraan IQE mengingat potensi sumber daya di provinsi ini yang semakin berkembang dan komitmennya dalam menerapkan SNI, juga patut diapresiasi.

"Tahun 2015, Sulsel mendeklarasikan Sulsel ber-SNI dan peningkatan ekspornya naik tiga kali Lipat. Ini membuktikan kesungguhan provinsi ini dalam mendorong penerapan SNI,” ujar Kepala Biro Hukum, Organisasi dan Humas BSN, Budi Rahardjo dalam siaran persnya, Kamis, (19/10).

Selain itu, penyelenggaraan pameran Indonesia Quality Expo ke-5 adalah salah satu bentuk implementasi dari kerja sama yang telah ditandatangani oleh BSN dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Pameran IQE ke-1 sampai ke-4 diselenggarakan di Jakarta. 

"Tahun ini, kami ingin melaksanakan di daerah agar IQE dapat bergema hingga ke seluruh nusantara,” kata Budi. 

Potensi sumber daya di Sulsel yang begitu besar sehingga sangat tepat untuk menjadi tempat penyelenggaraan IQE. Apalagi, mengingat letak Sulsel yang strategis serta kemajuan Sulsel yang semakin meningkat, diharapkan dapat menginspirasi dan mendorong kemajuan daerah lain di wilayah bagian Timur Indonesia.

“Provinsi di wilayah timur Indonesia sebanyak 18 Provinsi. Provinsi Sulsel sendiri terdiri dari 24 kabupaten dan kota. Pelaku usaha yang menerapkan SNI dan lembaga penilaian lesesuaian yang terakreditasi Komite Akreditasi Nasional (KAN) juga lumayan banyak. 

"Kami berharap mendapat dukungan pemerintah daerah untuk mengangkat produk unggulan dan ber-SNI dengan terlibat dalam IQE,” ujar Budi.

Pameran IQE ke-5 merupakan salah satu kegiatan dalam rangkaian Bulan Mutu Nasional (BMN) dan Hari Standar Dunia (World Standard Day) yang secara rutin setiap tahun dirayakan oleh BSN bersama stakeholder. Kegiatan BMN di Makassar selain diisi oleh Pameran IQE, juga akan dimeriahkan dengan 12 kegiatan Bulan Mutu salah satunya Seminar Nasional Standardisasi yang mengundang 600 orang peserta.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement