Kamis 19 Oct 2017 06:06 WIB

Ziarah ke Makam Bung Karno, Ini Kata Azwar Anas

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas (paling kanan) saat berziarah ke makam Presiden pertama Indonesia, Sukarno, Rabu (18/10).
Foto: Pemkab Banyuwangi
Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas (paling kanan) saat berziarah ke makam Presiden pertama Indonesia, Sukarno, Rabu (18/10).

REPUBLIKA.CO.ID, BLITAR -- Calon Wakil Gubernur Jawa Timur dari PDIP Abdullah Azwar Anas melakukan ziarah ke makam Presiden pertama Indonesia Soekarno di Kelurahan Bendogerit, Kota Blitar, yang dilakukan sebagai rangkaian kegiatan menjelang Pemilihan Kepala Daerah Jatim 2018.

"Ini kunjungan pertama kami setelah kemarin ditugaskan untuk mengikuti proses politik di Jawa Timur," katanya setelah ziarah di makam Bung Karno, Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanan Wetan, Kota Blitar, Rabu (18/10).

Penting bagi semua untuk menyerap inspirasi dari Bung Karno. "Beliau bukan hanya berjasa dalam proses kemerdekaan Indonesia, tapi juga membangun paradigma bagaimana kita seharusnya berpikir sebagai sebuah bangsa," katanya.

Anas mengatakan, ajaran Bung Karno menekankan perhatian pada program kerakyatan sekaligus menjaga bingkai ke-Indonesiaan bahwa negeri ini bukan hanya milik satu kelompok, tapi milik semuanya. Bung Karno juga menginginkan kebhinekaan tetap terjaga dan tidak terkoyak.

"Dan itu yang harus kita tanamkan betul, terutama pada generasi muda, di era media sosial yang sekarang banyak sekali ujaran kebencian," ujar Bupati Banyuwangi ini.

Anas mengatakan, dalam memimpin Kabupaten Banyuwangi juga terdapat program "Ziarah Kebangsaan" yang secara berkala memberangkatkan para pelajar untuk berziarah. Tujuannya juga beragam di antaranya ke makam Bung Karno.

Ia ingin agar anak-anak muda menyerap inspirasi dari Bung Karno. Hal itu bisa menjadi bekal untuk membentuk sikap berkebangsaan, menjadikan mereka sebagai anak muda yang siap menjaga negeri.

Anas juga menambahkan sengaja berkunjung ke Blitar bertemu para tokoh dan kepala daerah dengan harapan bisa saling berbagi tentang program. Dengan itu, diharapkan ada inspirasi menarik yang bisa dimanfaatkan untuk membangun Banyuwangi bahkan Jatim.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement