Rabu 18 Oct 2017 00:07 WIB

Kelalaian Pengguna Jalan Dominasi Penyebab Kecelakaan

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agung Sasongko
Kecelakaan lalulintas (ilustrasi)
Foto: Antara
Kecelakaan lalulintas (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,INDRAMAYU -- Pihak kepolisian mengimbau para pengguna jalan untuk berhati-hati saat berkendara. Pasalnya, angka kecelakaan lalu lintas selama ini didominasi akibat kelalaian pengguna jalan.

 

Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Jabar, AKBP Asep Pujiyono menyebutkan, kelalaian yang menyebabkan timbulnya kecelakaan lalu lintas itu terbanyak terjadi pada pengendara sepeda motor roda dua.

 

"Kita bisa lihat, pengendara roda dua ada yang ngebut atauugal-ugalan saat mengendarai kendaraannya, ujar Asep, saat memberikan sosialisasi keselamatan berlalu lintas di Bumi Patra, Indramayu, Selasa (17/10).

 

Asep menambahkan, pengendara sepeda motor juga kerap menyepelekan penggunaan helm. Padahal, helm sangat penting untuk menjaga keselamatan jiwa mereka sendiri.

 

Asep menyebutkan, dalam hal angka kecelakaan lalu lintas, Jabar menduduki peringkat ketiga tertinggi setelah Jateng dan Jatim. Dia pun mengimbau agar parapengguna kendaraan lebih hati-hati lagi dalam menjalankan kendaraannya. 

 

"Utamakan keselamatan saat berkendara,"tegas Asep.

 

Selama ini, sejumlah upaya telah dilakukan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas di Jabar. Selain penindakan, sosialisasi juga terus gencar diberikan kepada masyarakat dengan melibatkan komunitas-komunitas pengguna jalan.

 

Dalam kesempatan sama, Kapolres Indramayu, AKBP Arif Fajarudin menyebutkan, dalam waktu seminggu kemarin, total terdapat 14 kasus kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Indramayu. Dia berharap agar para penggunakendaraan lebih berhati-hati dan mentaati peraturan lalu lintas.

 

"Sosialisasi keselamatan berlalu lintas terus kami berikan.Semoga bisa menekan angka kecelakaan,"tandas Arif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement