Senin 16 Oct 2017 19:32 WIB
pelantikan anies-sandi

Aher Berharap Kerja Sama dengan DKI Semakin Baik

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Dwi Murdaningsih
Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara dan Wapres Jusuf Kalla terlibat perbincangan hangat dengan  Anies Baswedan dan Sandiaga Uno sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI, Senin (16/
Foto: dok. Istana Kepresidenan/Agus Suparto
Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara dan Wapres Jusuf Kalla terlibat perbincangan hangat dengan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI, Senin (16/

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ahmad Heryawan memberikan ucapan selamat atas dilantiknya Gubernur dan Wakil Gubernur Anies Baswedan serta Sandiaga Uno. Dengan pelantikan ini, Ahmad Heryawan berharap kerjasama antara provinsi Jawa Barat dan DKI Jakarta bisa berjalan lebih baik.

Aher, sapaan Ahmad Heryawan menjelaskan, Anies dan Sandi bisa langsung bekerja tanpa ada masa transisi yang terlalu lama. Keduanya harus bisa menjalankan setiap program kerja pemerintahan sebelumnya dan melaksanakan program sesuai janji yang diusung pada masa kampanye.

"Saya memandang tidak ada masa kini tanpa masa lalu. Tidak ada Gubernur sekarang yang mengerjakan program tanpa diawali Gubernur sebelumnya," kata Aher usai mengikuti pelantikan Anies-Sandi di Istana Negara, Senin (16/10).

Dia menjelaskan, selain terdapat program unggulan dalam setiap pemerintahan baru, ada juga program yang merupakan rencana jangka panjang. Rencana ini lah yang harus juga dikerjakan secara terus menerus. Bahkan dalam sebuah pemerintahan baru terdapat 80 persen program sebelumnya, dan hanya ada 20 persen program baru. Artinya setiap porgram baru juga bisa jadi beririsan dengan program dalam pemerintahan sebelumnya.

Untuk kerjasama dengan pemerintah Jabar, Aher menyebut bahwa hal tersebut tidak terelakan. Sebab, terdapat daerah yang sangat berdekatan dan saling memberikan keuntungan antara DKI Jakarta dan Jabar.

Bahkan antara Jabar, Jakarta, dan Banten telah memiliki badan kerjasama pembangunan (BKSP). Dengan terpilihnya Anies dan Sandi, Aher meminta agar setiap pembangunan yang bersinggungan dengan provinsi lain bisa disinkronisasi.

"Dalam waktu dekat ketua BKSP juga kalau tidak salah dipegang Jakarta. Sekarang kan masih Gubernur Banten, dan sekarang gilirannya Jakarta, pak Anies," ujarnya.

Kerjasama ini juga bisa menyangkut terkait ketersediaan pangan masyarakat Jakarta yang mayoritas disuplai dari luar daerah seperti Jabar dan Banten. Kemudian transportasi masyarakat yang menyambung ke Jakarta Kota.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement