Senin 16 Oct 2017 15:27 WIB
Pelantikan Anies-Sandi

Anies Kembali Lagi ke Istana Negara

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Teguh Firmansyah
Anies Baswedan. Republika/Putra M. Akbar
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Anies Baswedan. Republika/Putra M. Akbar

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Sumringah. Pancaran wajah ceria ini terlihat ketika Anies Baswedan turun dari kendaraan yang mengantarkannya di parkiran depan Istana Negara. Anies Baswedan yang mengenakan pakaian dinas jas dan celana berwarna putih, tiba sekitar pukul 15.00 WIB.

Anies yang diburu wartawan i Istana Negara tak lupa melemparkan senyum khasnya. Pun dengan Sandiaga Uno yang berjalan tepat disampingnya.

Ketika ditanyai kabar oleh sejumlah wartawan, Anies tak banyak bicara. Dia hanya melambaikan tangan kepada wartawan yang sudah menanti kedatangannya. Justru Sandiaga lah yang menjawab pertanyaan mengenai jalanan. "Lancar", ujar Sandiaga menjawab pertanyaan.

Dejavu. Hal ini mungkin menjadi perasaan yang berkecambuk pada diri Anies. Musababnya, dia bukanlah orang asing yang sempat mondar-mandir di Istana Negara ketika menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, era Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo awal baru menjabat.

Dilantik pada 27 Oktober 2014, Anies dianggap mumpuni duduk di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Aktif di dunia pendidikan, membuat Jokowi mempercayakan Anies membuat perubahan di bidang tersebut.

Live report: http://republika.co.id/page/pelantikan/anies-sandi

Sayang kebiasaan menyambangi Istana Negara harus disudahi ketika dia diberhentikan dari jabatannya sebagai Menteri. Melalui reshuffle jilid dua, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencopot Anies karena dianggap sudah tidak sepaham dengan visi misi pemerintah. Jokowi pun memajukan nama Muhadjir Effendy sebagai orang nomor satu di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Infografis perjalanan karier Anies: http://infografis.republika.co.id/berita/infografis/nasional-infografis/17/10/16/oxwidy318-dicopot-jokowi-anies-justru-jadi-gubernur-dki

Hari ini, hampir satu tahun lebih setelah lepas jabatan Menteri, Anies Baswedan kembali singgah ke Istana Negara. Bukan sebagai Menteri atau salah satu Deputi Kantor Transisi pada era Jokowi-JK, pria 48 tahun ini kini hadir sebagai Gubernur terpilih DKI Jakarta.

Dia dan Wakil Gubernur Terpilih Sandiaga Uno akan dilantik secara langsung oleh Presiden Jokowi. Pelantikan kedua untuk Anies dengan jabatan yang berbeda, dan pelantikan pertama bagi Sandiaga Uno yang merupakan wirausahawan untuk menjabat sebagai pejabat pemerintahan.

Baca juga, Sandiaga Uno Berpuasa di Hari Pelantikannya.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement