Senin 16 Oct 2017 14:57 WIB

Terjepit Pintu Air, Pencari Ikan Meninggal

Rep: Eko Widiyatmo/ Red: Endro Yuwanto
Korban tewas (ilustrasi)
Foto: www.metro.co.uk
Korban tewas (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP -- Seorang warga Desa Mujur, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap, Ratam (40 tahum), meninggal dunia saat sedang mencari ikan di saluran air Desa Kedawung, Kecamatan Kroya, Senin (16/10). Korban tidak bisa menyelamatkan diri setelah tubuhnya terjeput pintu air irigasi.

Camat Kroya M Najib menyatakan, kejadian nahas tersebut terjadi saat korban bersama seorang rekannya akan menjaring ikan di saluran irigasi tersebut. ''Untuk menjaring ikan, korban harus berenang di saluran air demi memasang jaring,'' katanya, Senin.

Namun yang dilakukan korban saat itu tidak hanya memasang jaring. Melainkan juga membuka saluran air yang saat itu dalam kondisi tertutup. ''Sepertinya korban tidak memperhitungkan kalau tindakannya itu membahayakan dirinya. Saat pintu air terbuka, tubuh korban langsung tersedot mengikuti pusaran air dan terjepit di pintu air,'' kata Najib.

Melihat kejadian itu, kata Najib, rekannya langsung berlari ke kampung dan meminta pertolongan warga. ''Korban berhasil dievakuasi beberapa saat kemudian, setelah beberapa warga terjun ke saluran air dengan menggunakan tali,'' jelasnya.

Namun saat berhasil dievakuasi, kondisi korban sudah meninggal dunia. Petugas Puskesmas Kroya yang melakukan pemeriksaan, mendapatkan beberapa luka di bagian tubuh korban. Antara lain, bagian dada mengalami lebam, luka robek di kaki kanan sepanjang 10 cm, dan luka-luka lecet di bagian tubuh lainnya. ''Luka korban kemungkinan disebabkan benturan saat korban terseret air,'' kata Najib.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement