Rabu 11 Oct 2017 16:51 WIB

Pesan Cak Imin untuk Gus Ipul Jika Terpilih Gubernur Jatim

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Andi Nur Aminah
Saifullah Yusuf
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Saifullah Yusuf

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Saifullah Yusuf mengaku dititipi beberapa pesan oleh Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin), jika terpilih sebagai gubernur pada kontestasi Pilgub Jatim 2018. Pesan-pesan tersebut, kata pria yang akrab disapa Gus Ipul itu, akan coba didalami. Dia mengatakan, mungkin saja bisa dimasukan ke dalam visi-misinya sebagai Cagub Jatim 2018.

"Coba nanti akan kita dalami dan akan kita tidaklanjuti. Mudah-mudahan bisa dimasukan dalam visi-misi," kata Gus Ipul di Novotel Surabaya, Jalan Raya Ngagel Nomor 173-175, Ngagel, Wonokromo, Surabaya, Rabu (11/10).

Gus Ipul kemudian menjabarkan pesan-pesan yang disampaikan Cak Imin kepadanya. Pertama, agar memprioritaskan beberapa pembangunan di Pulau Madura. Cak Imin, kata Gus Ipul, memintanya supaya Pulau Madura dibuatkan suatu desain pembangunan yang mengintegrasikan semua stakeholders agar kemajuannya terukur.

Bahkan kalau perlu, Gus Ipul diminta mendatangkan sejumlah ahli untuk membuat suatu perencanaan yang matang dan utuh agar Pulau Madura bisa dijadikan kawasan khusus. Adapun, kebijakan dan anggarannya akan ada khusus untuk pembangunan Pulau Madura tersebut.

"Kalau sekarang dipersoalkan misalnya salah satu masalah kita itu kan kesenjangan dan kemiskinan. Kalau dielaborasi itu sebagian besar berada di Pulau Madura dan Tapal Kuda," ujar Gus Ipul.

Pesan kedua, agar Pesisir Selatan yang selama ini ada ketimpangan antara wilayah utara dan selatan, pembangunannya ditingkatkan. Saat ini, Gus Ipul mengatakan, sudah dimulai pembangunan di sana, yang di antaranya adalah jalan lintas selatan. Gus Ipul juga meyakinkan potensi di Pesisir Selatan sangatlah banyak, terutama bidang kemaritiman dan pariwisata. "Ketua Umum PKB memesankan kepada saya agar ada usaha nyata agar di sana terjadi percepatan pembangunan," kata Gus Ipul.

Pesan selanjutnya, adalah penguatan Madrasah Diniah yang selama ini sudah mendapat perhatian. Tapi, secara khusus, Cak Imin meminta agar ada semacam tambahan penguatan. "Mungkin bantuan atau dukungan terhadap pembangunan infrastruktur," ucap Gus Ipul.

Pesan selanjutnya, kata Gus Ipul, adalah agar Gerbangkertosusila diberi tekanan dan direvitalisasi. Cak Imin juga berpesan agar pemerintahan yang dijalankan Gus Ipul bisa menegakan hukum dengan benar dan bisa menggerakan masyarakat untuk mengetahui kewajiban dan haknya secara seimbang. "Pemerintahan yang bersih, yang setidak-tidaknya bisa menjadikan teknologi sebagai bagian untuk memperbaiki pelayanan," tambah Gus Ipul.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement