Selasa 10 Oct 2017 11:52 WIB

Hujan Ringan dan Sedang Bayangi Sumbar 3 Hari ke Depan

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Andi Nur Aminah
Seorang wanita menggunakan payung berlindung dari hujan (ilustrasi)
Foto: Dedi Sinuhaji/EPA
Seorang wanita menggunakan payung berlindung dari hujan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Awal pekan ini, sejumlah kawasan di Sumatra Barat kembali diguyur hujan. Pada Senin (9/10) misalnya, hujan deras mengguyur Kota Padang sejak siang hingga Selasa (10/10) dini hari. Awetnya hujan yang terjadi membuat banjir terpantau di sejumlah titik di Kota Padang. Lantas bagaimana perkiraan cuaca untuk Kota Padang selama tiga hari ke depan?

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Minangkabau, Budi Iman Samiaji, menyebutkan bahwa hujan ringan hinga sedang, dan hujan lebat di sejumlah daerah, masih membayangi sebagian besar wilayah Sumatra Barat hingga tiga hari ke depan.

Rinciannya, untuk perkiraan cuaca Selasa (10/10) ini, masyarakat diminta waspada terhadap potensi hujan sedang hingga lebat dan dapat disertai petir pada pagi hingga siang hari di wilayah Kepulauan Mentawai. Hujan sedang hinga lebat juga berpotensi pada dini hari di wilayah Pasaman, Limapuluh Kota, Payakumbuh, Tanah Datar, Solok, Sawahlunto, Sijunjung, Dharmasraya, Solok Selatan, Kota Solok, Kabupaten Solok, Pesisir Selatan, dan Kepulauan Mentawai.

Sementara untuk Rabu (11/10) besok, masyarakat diminta waspada terhadap potensi hujan sedang hingga lebat dan dapat disertai petir pada pagi hingga siang hari di wilayah Kepulauan Mentawai, Pasaman Barat, Agam, Padang, pesisir Selatan, Padang Pariaman, Pariaman. Sementara pada dini harinya, potensi hujan sedang-lebat terjadi di wilayah Limapuluh Kota, Payakumbuh, Tanah Datar, Sijunjung, dan Dharmasraya.

Sedangkan Kamis (12/10) lusa, masyarakat diminta waspadai potensi hujan sedang hingga lebat dan dapat disertai petir/kilat pada pagi hari di wilayah Pasaman Barat, Pasaman, 50 Kota, Payakumbuh, Agam, Tanah Datar, Padang Panjang, Kabupaten Solok, Kota Solok, Solok Selatan, Sawahlunto, dan Sijunjung. "Hingga Selasa siang, awan hujan terpantau di Padang, Mentawai, dan Pesisir Selatan," ujar Budi, Selasa (10/10).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang Edi Hasymi menambahkan, penanganan banjir di Kota Padang hingga saat ini masih kondusif. Hujan deras yang melanda Padang sejak Senin (9/10) siang memang membuat sejumlah titik di Padang tergenang.

Catatan BPBD Kota Padang, sejumlah titik yang mengalami banjir adalah kawasan Padang Pasir, Kantor Pos Padang hingga Korem dengan ketinggian rata-rata air 30 cm, kawasan Jondul Rawang, Mata Air dengan ketinggian 40 cm, dan Gunung Pangilun sampai Lapai dengan ketinggian 40 cm. Sementara Kompleks Griya Kubutama di Tabing Banda Gadang juga terendam air hingga 40 cm. Namun, sejak Selasa (10/10) pagi, ketinggian air perlahan surut. "Situasi masih aman dan kondusif," ujar Edi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement