Selasa 10 Oct 2017 10:13 WIB

Jabar Berpotensi Hujan Hingga Malam Hari

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Andi Nur Aminah
Warga menggunakan payung saat hujan deras (ilustrasi)
Foto: Antara/Rony Muharrman
Warga menggunakan payung saat hujan deras (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sebagian besar wilayah di Jawa Barat Selasa (10/10) berpotensi turun hujan siang hingga malam hari nanti. Hal ini disampaikan prakirawan BMKG Bandung Asri Pratiwi.

Menurut Asri, pada pagi hari secara umum kondisi cuaca masih berawan. Walaupun potensi hujan terjadi di Depok, Bogor, Bekasi, Sukabumi, Cianjur, Bandung, Purwakarta, Subang, Karawang, Garut, Tasikmalaya, Banjar, Ciamis selatan, Pangandaran, Kuningan utara, sebagian Cirebon dan sebagian Indramayu. "Antara siang dan sore hari, secara umum berpotensi hujan di seluruh wilayah Jawa Barat," kata Asri.

Begitupun pada malam hari juga masih berpotensi hujan di sebagian besar wilayah Jawa Barat. Potensi hujan terjadi di wilayah Bogor, Depok, Bandung, Sukabumi, Cianjur, Sumedang, Purwakarta, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Pangandaran dan Kuningan," ujarnya.

Diam mengatakan, masyarakat perlu waspada akan potensi terjadinya hujan disertai angin kencang dan petir di wilayah Bogor, Depok, Bandung, Cianjur, Purwakarta, Subang dan Sumedang. "Ini terjadi pada rentang waktu antara siang hingga hingga menjelang malam hari," ujarnya.

Ia menambahkan pada hari ini suhu udara di wilayah Jawa Barat bagian utara berkisar 24 hingga 34 derajat Celcius dengan kelembapan udara wilayah Jawa Barat bagian utara 50 hingga  90 persen. Sementara suhu udara wilayah Jawa Barat bagian selatan  19 hingga 32 derajat Celcius dengan kelembapan udara wilayah Jawa Barat bagian selatan 55 hingga 95 persen.

Untuk Rabu (11/10) esok, wilayah Bandung Raya juga diminta mewaspadai potensi hujan pada siang dan malam hari. Adanya perlambatan massa udara dengan kelembaban tinggi pada atmosfer atas wilayah Jawa Barat bagian barat serta aktifnya osilasi gugusan awan tropis mendukung pertumbuhan awan-awan hujan di Jawa Barat khususnya daerah Bandung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement