Senin 09 Oct 2017 19:45 WIB

RSUD Sukabumi Tangani Balita Gizi Buruk

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Friska Yolanda
Gizi buruk
Gizi buruk

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) R Syamsudin SH Kota Sukabumi menangani seorang anak penderita gizi buruk yang berasal dari Kabupaten Sukabumi. Selain gizi buruk, balita bernama Saira Nurul Aulia (4 tahun) tersebut menderita benjolan di bagian punggung bawah bagian kanan.

Balita Saira merupakan warga Kampung Rangon RT 05 RW 02 Desa Tegalpanjang, Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi. Awalnya, ibu kandung Saira, Ai Masriah (25) menduga anaknya tersebut mengalami penurunan berat badan dan terdapat benjolan akibat salah minum obat.

"Dari hasil pemeriksaan, anak ini mengalami malnutrisi atau gizi buruk," ujar Kepala Bagian Informasi dan Keluhan RSUD Syamsudin SH Kota Sukabumi Wahyu Hardiana kepada wartawan, Senin (9/10). Sementara itu terkait benjolan, kata dia, merupakan tumor yang penyebabnya masih ditelusuri tim medis.

Diterangkan Wahyu, Saira memang sempat menderita alergi obat pada empat tahun lalu berdasarkan kronologis yang diperleh rumah sakit. Namun,kondisi penurunan berat badan ini tidak ada hubungannya dengan pemberian obat.

Kini, kata Wahyu, Saira mendapatkan perawatan intensif oleh dokter spesialis anak dalam waktu satu hingga dua hari ke depan. Dalam rentang waktu tersebut, tim medis akan memberikan perawatan semaksimal mungkin.

Sekretaris Kecamatan Cireunghas Nunung mengatakan, aparat kecamatan sudah berupaya memberikan bantuan pengobatan untuk balita Saira. "Kami berupaya mendampingi Saira agar mendapatkan layanan kesehatan memadai" ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement