Ahad 08 Oct 2017 02:44 WIB

BMKG: Babel Masih Berpotensi Dilanda Hujan Petir

Ilustrasi Hujan Petir
Foto: pixabay
Ilustrasi Hujan Petir

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG -- Sebagian besar wilayah daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Ahad (8/10) diprediksi masih berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir.

"Waspadai potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai petir terutama pada pagi dan siang hari," katan prakirawan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Evia Diana P, Sabtu (7/10.

Hujan yang disertai petir diprakirakan berpeluang terjadi pada pagi hari di wilayah Muntok dan Jebus Kabupaten Bangka Barat serta di Belinyu Kabupaten Bangka, sedangkan pada siang hari berpotensi terjadi di Sungailiat Kabupaten Bangka, Pangkalpinang, Koba Kabupaten Bangka Tengah serta di Tanjungpandan Kabupaten Belitung.

Sementara itu hujan lokal dan ringan juga berpotensi terjadi hampir di seluruh wilayah daratan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada pagi, siang dan dini hari.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan pada kisaran 10 kilometer per jam dengan suhu 23 sampai 32 derajat celsius dan kelembaban udara 65 hingga 95 persen.

Pada bagian lain BMKG Kota Pangkalpinang memprakirakan ketinggian gelombang laut di jalur-jalur penyeberangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung relatif normal pada Ahad. 

Ketinggian gelombang signifikan di kawasan perairan dan di jalur-jalur penyeberangan diprakirakan hanya berkisar antara 0,25 sampai 0,75 meter dan relatif aman untuk pelayaran dan juga untuk aktivitas melaut nelayan tradisional.

Kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan diprakirakan juga sangat bersahabat yakni berkisar antara 8 hingga 30 kilometer per jam yang bergerak dari Timur ke Selatan.

Pada kesempatan itu BMKG Kota Pangkalpinang juga mengimbau warga agar mewaspadai ketinggian pasang air laut di pesisir pantai Membalong Kabupaten Belitung yang dapat mencapai 2,09 meter.

Ketinggian pasang air laut di pesisir pantai lain rata-rata di bawah dua meter. Di Sungailiat Kabupaten Bangka sekitar 1,63 meter, di Toboali Kabupaten Bangka Selatan 1,75 meter, di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,67 meter, di Mentok Kabupaten Bangka Barat 0,99 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,08 meter, dan di Belinyu Kabupaten Bangka 0,94 meter. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement