Sabtu 07 Oct 2017 08:09 WIB

IOX-2017 Celebes Eksplor Pesona Wisata Sulawesi

Track yang dilalui RC Offroad beragam mulai dari perbukitan hingga track berpasir.
Foto: Agung Surpiyanto/Republika
Track yang dilalui RC Offroad beragam mulai dari perbukitan hingga track berpasir.

REPUBLIKA.CO.ID, KENDARI -- Kegiatan ekspedisi Indonesia Off-road eXpedition (IOX) yang akan dimulai 7-21 Oktober 2017 akan mengeksplor dan mengangkat pesona wisata alam Sulawesi.

Event Director IOX Celebes 2017, Firzalk Muzaffar, mengatakan ekspedisi off-road IOX-2017 Celebes ini memiliki misi untuk menyingkap tabir pesona Sulawesi di wilayah yang tidak lagi dilalui kendaraan bermotor sejak lama.

"Dan yang terpenting lagi untuk menguji keterampilan (skill), ketahanan fisik, mental dan kendaraan para peserta," kata Firzalk.

Dikatakan, perjalanan sepanjang sekitar 1.500 kilometer dalam 15 hari perjalanan ini, waktunya mayoritas akan dilakukan di area super ekstrim Sulawesi yang sangat menantang.

"Ekspedisi ini akan benar-benar menguji skill dan kesabaran para off-roader yang mengikuti event IOX-2017 hingga ke batas kemampuannya," katanya.

Menurut dia, berbeda dari model rute event IOX sebelumnya, route IOX-2017 akan melalui jalur-jalur tua sepanjang 40 kilometer yang sudah terlupakan dan tidak terpakai lagi, yang kondisinya saat ini telah menjadi sangat super ekstrim.

"Masyarakat sekitar, mendukung upaya IOX menerobos jalur tua yang sudah ditinggalkan tersebut dengan harapan adanya perhatian

Pemerintah Daerah untuk memperbaiki infrastruktur jalan yang hancur yang dibutuhkan masyarakat," katanya.

Disisi lain kata dia, Track tersebut memang menjadi impian offroader mengingat sampai sekarang masih perawan karena survey dilakukan dengan jalan kaki oleh Tim Survey tanpa kendaraan, dengan jalan kaki selama 3 hari 3 malam.

Sebanyak 87 kendaraan offroad super ekstrim dan 61 motor dirt bike yang dinyatakan berhasil lolos memenuhi regulasi standard IOX dengan total 371 personil menjadi peserta dalam ekspedisi itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement