Selasa 03 Oct 2017 16:22 WIB

Di Daerah Ini Sampah Bisa Ditukar dengan Beras

Pekerja memeriksa beras sejahtera (rastra) yang akan dibagikan kepada keluarga miskin. (ilustrasi)
Foto: Antara/Asep Fathulrahman
Pekerja memeriksa beras sejahtera (rastra) yang akan dibagikan kepada keluarga miskin. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TEBING TINGGI -- Kecamatan Rambutan, Tebing Tinggi, Sumatera Utara melakukan terobosan dengan menerapkan program Beras Sejahtera yang dapat ditukarkan dengan sampah di Bank Sampah Karya Mandiri Kelurahan Lalang.

Camat Rambutan Zubir Husni Harahap mengatakan prgram ini bertujuan agar masyarakat bisa mengolah sampah dengan baik.

"Dengan program sampah ditukar dengan Rastra di Bank Sampah Karya Mandiri ini, kita mengajarkan kepada masyarakat agar jangan membuang sampah sembarangan, sampah bisa diolah menjadi nilai rupiah," katanya, Selasa (3/10).

Ia mengatakan, program jangka pendek penukaran rastra dengan sampah itu, selain di Kelurahan Lalang juga akan dilakukan di Kelurahan Rantau Kanan dan Kelurahan Mekar Sentosa. Dengan program tersebut tentunya akan sangat membantu warga kurang mampu, karena mereka meski tidak memiliki uang untuk membeli rastra, namun dapat menukarnya dengan sampah.

"Selain pelaksanaan program Rastra berbagai sampah di Bank Sampah Karya Mandiri, kita juga resmikan 'green house' dan warung daur ulang sampah. Semoga hal ini bisa bermanfaat kepada masyarakat. Kita akan terus sosialisasikan kepada masyarakat," katanya.

Kadis Perumahan Kawasan Pemukiman dan Kebersihan Kota Tebing Tinggi Rusmiaty Harahap mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi atas upaya yang dilakukan Bank Sampah Karya Mandiri, karena itu merupakan sejarah baru bagi Tebing Tinggi dengan rastra yang dapat ditukar dengan sampah.

"Kita juga meresmikan green house Karya Mandiri dan ini awal yang lebih baik. Kami menitipkan ini kepada Lurah Lalang, semoga ini akan lebih maju dan tidak hanya menjadi monumen saja," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement