Senin 02 Oct 2017 10:49 WIB

Wawali Yogya Gowes Bareng Pesepeda Minggu Wage

Rep: Eric Iskandarsjah/ Red: Fernan Rahadi
Pasangan Haryadi Suyuti dan Heroe Poerwadi resmi mendaftar sebagai pasangan calon wali kota dan wakil wali kota dalam Pilkada Kota Yogyakarta 2017 ke KPU setempat.
Foto: Nico Kurnia Jati
Pasangan Haryadi Suyuti dan Heroe Poerwadi resmi mendaftar sebagai pasangan calon wali kota dan wakil wali kota dalam Pilkada Kota Yogyakarta 2017 ke KPU setempat.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengawali kegiatannya di hari Ahad (01/10) pagi dengan bersepeda bersama komunitas pesepeda Pit Nik Kota Yogyakarta.  Rute yang ditempuh, berangkat dari rumah dinas Wakil Walikota di Jalan  Suroto Kotabaru Yogyakarta menuju Tugu Pal Putih dan dilanjutkan ke Jalan AM Sangaji hingga Ringroad Utara dan berakhir di Alun Alun Utara.  

Di Alun-alun para peseda yang berjumlah kurang dari seratus orang itu diterima di kantor kecamatan Gondomanan untuk beristirahat. Sesampai di Tugu Pal Putih Wakil Walikota melakukan foto bersama para pesepeda berlatar belakang Tugu. Wakil Walikota Heroe Poerwadi mengapresiasi  semua  komunitas peseda yang ada di Yogyakarta khususnya komunitas pesepada  Pit Nik  yang melakukan kegiatan  di Minggu pagi. 

Menurut Heroe ada banyak manfaat yang didapat dari kegiatan bersepada.  Kegiatan bersepeda akan membuat orang menjadi sehat jasmani dan rohani. Selain itu dapat kegiatan bersepeda bersama juga memupuk rasa setiakawan, kebersamaan dan gotong royong. 

Hal ini sejalan dengan tema hari ulang tahun Kota Yogya ke-261 yakni Bersama Membangun Yogya, ujar Haeroe. Ia menambahkan semangat gotong royong dan kebersamaan inilah yang terus didorong Pemerintah kota Yogyakarta kepada warga masyarakat kota Yogya, dalam membangun kota Yogyakarta ke depan.  

Menurutnya, dengan kebersamaan dan gotong royong maka kita dapat menyelesaikan permasalahan di masyarakat dengan baik. Tidak lupa Heroe berpesan kepada warga dan komunitas peseda untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan kota Yogyakarta melalui tugas, peran dan fungsinya masing-masing.  Dengan tingkat partisipasi yang tinggi dari masyarakat dalam pembangunan akan tercapailah apa yang dicita citakan bersama  yakni masyarakat yang sejahtera lahir dan batin dalam segala aspek kehidupan.

Wakil Wali Kota pun berharap dan sekaligus mengundang warga Yogyakarta untuk menyaksikan puncak peringatan hari ulang tahun kota Yogya  ke-261 yang kan dilaksanakan pada tangga 07 Oktober 2017 malam, berangkat dari Jembatan Gondolayu menuju Tugu Pal Putih dan sekitarnya.

Sementara itu, Andika Sumono Adji koordinator peseda Pit Nik mengatakan kegiatan bersepeda bersama merupakan kegiatan rutin dari komunitasnya dalam  waktu 35 hari sekali di hari Minggu Wage. Mereka mengistilahkan kegiatan mereka dengan Goes Bareng Minggu Wage (GBMW).  Sesuai dengan namanya yakni Pit Nik maka, para peseda melakukan dua hal yakni bersepeda bersama dan berpiknik bersama mengunjungi  tempat tempat wisata yang ada di Yogyakarta.  

Adji menerangkan GBMW telah memasuki edisi ke-25. Ini berarti sudah 25  Minggu Wage yang mereka  lewati untuk bersepada  bersama, sejak pertama kali dideklarasikan.  Rute persepedaan biasanya mereka tetapkan seminggu  sebelum hari H. Dan khusus di hari ulang tahun ke-261 kota Yogya komunitas yang sudah beranggotakan  lima ribuan orang dari berbagai kota di Yogyakarta, Jateng dan Jatim  ini  mengajak Wakil Walikota bergowes bersama.  

 Mereka juga akan mengakhiri kegiatan bersepada bersama mereka di kecamatan Gondomanan untuk bersilaturahmi  dan menyampaikan selamat ulang tahun kepada Kota Jogja. Pada edisi ke-24 ini kami akan mengambil rute di kota saja. Hal ini untuk merayakan Hari Ulang Tahun Kota Jogja ke-261. Atas nama komunitas kami mengucapkan selamat Ulang Tahun Kota Jogja ke-261 semoga selalu jaya dan rakyatnya tambah makmur sejahtera, ucap Adji.  Dalam perjalan menyusuri kota mereka pun juga membentang spanduk berisi ucapan selamat ulang tahun. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement