Kamis 28 Sep 2017 07:46 WIB

BMKG Prediksi Hujan Masih Turun di Lampung

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Andi Nur Aminah
Ilustrasi Hujan Es
Foto: Foto : MgRol_94
Ilustrasi Hujan Es

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan masih akan turun di sejumlah wilayah Provinsi Lampung Kamis (28/9) hingga Jumat (29/9). Hujan akan turun sepanjang pagi, siang, dan malam. Hujan yang mengguyur Lampung dua hari terakhir turut merendam berbagai tempat di daerah.

Dalam laporan petugas BMKG Radin Inten II Lampung, Kamis(28/9), hujan masih akan turun pada Kamis dan Jumat, namun kondisi cuaca masih normal. Kecepatan angin yang bertiup dari arah timur laut hingga barat daya antara 5 hingga 15 knot (9 sampai 28 km/jam). Sedangkan jarak pandang berkisar empat hingga 10 km.

Suhu udara secara umum berkisar antara 22 hingga 33 derajat Celsius. Kecuali di Lampung bagian barat (Kabupaten Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) suhu udara berkisar antara 18 hingga 29 derajat Celsius. Kelembaban udara secara umum berkisar antara 55 hingga 90 persen, kecuali Lampung bagian barat (Kabupaten Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) kelembaban udara berkisar antara 60 hingga 95 persen.

Secara umum wilayah Lampung diprakirakan pagi hari berpotensi hujan di wilayah Kota Bandarlampung, Kabupaten Pesawaran, Tanggamus, Pringsewu, Lampung Barat, Waykanan, Lampung Utara, Lampung Tengah, Kota Metro, Kabupaten Lampung Timur, dan Pesisir Barat. Siang hari berpotensi hujan di wilayah Kabupaten Tanggamus, Lampung Barat, Waykanan, Lampung Utara, Lampung Tengah, dan Pesisir Barat.

Malam hari berpotensi hujan di wilayah Kota Bandarlampung, Kabupaten Lampung Selatan, Pesawaran, Tanggamus, Pringsewu, Lampung Barat, Waykanan, Lampung Utara, Lampung Tengah, Kota Metro, dan Kabupaten Pesisir Barat. Dini hari berpotensi hujan di wilayah Kota Bandarlampung, Kabupaten Lampung Selatan, Pesawaran, Tanggamus, Pringsewu, Lampung Barat, Waykanan, Lampung Utara, Tulangbawang, Mesuji, Tulangbawang Barat, Lampung Tengah, Kota Metro, Kabupaten Lampung Timur, dan Pesisir Barat.

Hujan yang mengguyur dua hari terakhir sempat merendam sejumlah sawah di Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan. Petani di Desa Rejomulyo dan Kalirejo berharap hujan yang turun berselang sehingga air yang merendam sawah dapat surut kembali. "Hujan turun deras, sawah-sawah yang tanaman padinya masih muda banyak terendam," kata Basuki, warga Palas.

Hujan yang intensitas tinggi membuat jalan-jalan di Kecamatan Kalianda, ibukota Kabupaten Lampung Selatan juga terendam air. Selain sawah, air juga merendam kebun jagung warga di Kecamatan Way Panji, Lampung Selatan. Air meluap sehingga perkebunan jagung warga terendam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement