Sabtu 23 Sep 2017 18:08 WIB

2.000 Bikers akan Main Angklung di Atas Motor Harley

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Nidia Zuraya
Angklung
Foto: Antara Foto
Angklung

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sebanyak 2.000 bikers akan memainkan angklung diatas motor Harley Davidson masing-masing pada saat acara International Bandung Bike Week (IBBW) 2017, 29 September hingga 1 Oktober mendatang. Kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) ini akan memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Total sebanyak 5.000 bikers yang berasal dari seluruh Indonesia serta 13 negara luar akan turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dari ASEAN, Eropa dan Afrika. Acara yang mengusung promosi kebudayaan Jawa Barat ditingkat internasional dengan tema Ride For The Culture akan dipusatkan di kawasan Gedung Sate dan Click Square di Jalan Naripan, Kota Bandung.

Ketua HDCI Kota Bandung, Jonni BS mengungkapkan hari pertama kegiatan IBBW 2017 yang merupakan puncak dari acara Indonesian Rally ditandai dengan kedatangan para peserta yang berjumlah ribuan dari sisi barat dan timur Indonesia. Kemudian dilanjutkan pada Sabtu (30/9) upacara bendera ala bikers di Lapangan Gasibu.

"Konsep besarnya adalah HDCI memiliki misi untuk mengembangkan (mempromosikan) pariwisata Indonesia," ujarnya saat jumpa pers di Kota Bandung, Sabtu (23/9).

Ribuan bikers akan mengendarai motor besar dari Click Square di Jalan Naripan ke Jalan Sunda, Jalan Lombok, Jalan Citarum, dan sampai di Lapangan Gasibu. Upacara bendera tersebut akan dihadiri Gubernur Jabar, Kapolda Jabar, Pangdam III Siliwangi, dan Ketua Umum HDCI.

Saat upacara berlangsung lagu Indonesia Raya akan diiringi musik angklung. Kemudian selanjutnya penyerahan angklung secara simbolis kepada para bikers dan langsung dimainkan bersama.

Menurutnya, HDCI memiliki fokus meningkatkan promosi pariwisata di Jawa Barat khususnya di Bandung. Dengan kehadiran ribuan bikers dari seluruh Indonesia maupun mancanegara menjadi momentum yang tepat untuk mengangkat budaya dan potensi pariwisata Jawa Barat.

Ketua Panitia IBBW, Kharisma mengatakan selama kegiatan berlangsung selain bermain angklung, kesenian jaipongan dan rampak kendang akan digelar dalam acara yang menjadi ajang berkumpul para bikers di Indonesia dan mancanegara. "Sekitar 2.500 sampai 5.000 bikers akan hadir di Bandung," ungkapnya.

Menurutnya, denga IBBW 2017 bikers ingin membuktikan jika pihaknya tertib dalam berlalu lintas dan tidak arogan. Sebab pihaknya tidak ingin menganggu ketertiban masyarakat.

Seluruh bikers peserta IBBW 2017 yang diketuai oleh Riswan Kharisma, Akbar Nusantara, dan Ronny Roncho ini, akan bermain angklung secara bersama-sama bersinergi dengan suara muffler Harley Davidson yang pertama kali dilakukan di Indonesia begitu juga di dunia.

Dalam acara IBBW 2017 juga akan dilakukan deklarasi bikers anti narkoba dengan kehadiran Kepala BNN, Komjen Pol Budi Waseso. Selain itu, secara simbolis HDCI akan menyerahkan bantuan berupa pembangunan mesjid yang berada di Gedebage, Kota Bandung.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement