Selasa 19 Sep 2017 16:41 WIB

Wakapolri Tingkatkan Sinergi Antikejahatan Transnasional

Wakapolri Komjen Syafruddin menghadiri AMMTC (ASEAN Ministerial Meeting of Transnational Crime) di Filipina yang digelar sejak kemarin sampai lusa Senin-Kamis (18-21/9).
Wakapolri Komjen Syafruddin menghadiri AMMTC (ASEAN Ministerial Meeting of Transnational Crime) di Filipina yang digelar sejak kemarin sampai lusa Senin-Kamis (18-21/9).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Wakapolri Komjen Syafruddin menghadiri AMMTC (ASEAN Ministerial Meeting of Transnational Crime) di Filipina yang digelar sejak kemarin sampai lusa Senin-Kamis (18-21/9). Kehadiran Wakapolri mewakili Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang merupakan AMMTC Leader of Indonesia.

AMMTC yang diselenggarakan oleh negara-negara ASEAN dilaksanakan setiap dua tahun sekali dalam rangka mencegah dan memberantas kejahatan transnasional. Pelaksanaan AMMTC tahun ini merupakan yang ke-11.

Delegasi Indonesia juga menyertakan perwakilan dari anggota Polri, BNPT, dan Kementerian Luar Negeri Indonesia. Indonesia akan memberikan pandangannya tentang "Perubahan upaya di tingkat Regional dan Internasional dalam memberantas Transnasional Crime".

Syafruddin berharap lewat AMMTC ini terjalin penguatan kerjasama regional dan internasional baik yang bersifat G to G ataupun antar kelembagaan, peningkatan koordinasi serta pertukaran informasi untuk penyamaan persepsi dan gerak langkah, maupun capacity building aparat kelembagaan terkait, secara lintas negara dalam memberantas kejahatan transnasional.

Sehingga dapat mewujudkan keamanan yang mantap dalam rangka mendukung berbagai agenda pembangunan perekonomian dan kesejahtaraan rakyat Indonesia.

"Secara organisasional, agenda ini akan berkontribusi positif dalam meningkatkan sinergi pemberantasan, upaya mitigasi serta memberikan solusi yang komprehensif untuk menaggulangi kejahatan transnasional yang sangat merugikan negara, bangsa dan masyarakat tanah air," kata Syafruddin dalam siaran persnya kepada Republika.co.id.

Dalam pelaksanaan AMMTC ini juga ada kegiatan working group on counter terorism, SAMMRRVE (Special Asean Miniastrial Meeting On The Rise Of Radicalitation And Violant Extrimism), serta rapat pleno AMMTC dengan juga menghadirkan Sekretariat Jenderal ASEAN, perwakilan dari Aseanapol, pejabat ministerial dari negara China, Jepang dan Korsel, serta Ketua SOMTC dari negara yang diundang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement